Beranda > Tutorial Komputer > Permasalahan yang sering terjadi pada user yang menggunakan komputer di kantor

Permasalahan yang sering terjadi pada user yang menggunakan komputer di kantor

  1. Printer tidak bisa ngeprint, permasalahan ini disebabkan oleh beberapa permasalahan, diantaranya adalah antrian dokumen yang akan di print terlalu banyak. Saat dilihat pada jendela print queue, terlihat antrian dokumen yang hendak di print tetapi tidak direspon oleh printer. Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi printer yang tidak merespon ketika dokumen akan di print yaitu sebagai berikut:
    1. Cara yang pertama adalah mencoba menghapus secara manual antrian dokumen pada jendela print. Caranya adalah double klik icon printer di bawah kanan taskbar, kemudian jendela print akan muncul, kemudian klik kanan file yang akan di hapus kemudian pilih cancel. Atau dengan cara yang lain yaitu klik start, klik Printer and Faxes, double klik pada icon printer yang sedang digunakan, kemudian klik kanan file yang akan di hapus kemudian pilih Cancel
    2. Apabila cara yang pertama tidak berhasil, maka kita harus menghapus dokumen tersebut dari folder spool yang ada di folder Windows\System32. Untuk melakukan hal ini tentu saja account yang kita pakai harus memiliki otoritas sebagai Administrator. Berikut cara menghapus file-file tersebut, Klik Start kemudian klik Control Panel dan pilih Administrative Tools kemudian double klik Service Cari “service” yang namanya Print Spooler kemudian klik kanan dan pilih Stop. Jangan ditutup dulu window Servic
    3. Buka folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTER
    4. Hapus semua file yang ada di folder PRINTERS tersebut
    5. Kembali ke jendela Windows Services, klik kanan pada Print Spooler dan pilih Start. Setelah file-file di folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS dihapus dan Service Print Spooler aktif kita bisa memulai lagi mencetak dokumen.
  2. Untuk printer yang disharing, kadangkala terjadi kasus dimana terdapat user yang tidak bisa mengirim dokumen ke printer sharing tersebut sementara user yang lain tidak bermasalah. Biasanya jika kita lihat ke jendela Printer and Faxes maka status printer tersebut adalah Unable to Connect. Untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
    1. Buka jendela Computer Management. Caranya Klik kanan icon My Computer, kemudian klik Manage.
    2. Kemudian pilih System Tools, kemudian klik Shared Folder, dan klik Sessions.
    3. Pada jendela sebelah kanan terdapat daftar user yang terhubung ke komputer kita. C
    4. ara yang paling mudah blok semua user lalu pilih Close Session.
    5. Setelah langkah diatas telah dilakukan, kemudian lihat lagi pada jendela printer and fax, jika sudah ready maka printer tersebut sudah dapat digunakan.
  1. 20/01 pukul 17:22

    PT Metalogic Informatika : Jasa Konsultan dan Jasa Pengadaan Komputer.

    PT Metalogic Informatika adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan IT, maintenance komputer, programming, reparasi komputer, dll.

    Kami juga menyediakan komputer untuk sekolah,kantor,kampus dan instansi lainnya.
    kami juga menyediakan komponen Hardware komputer dengan harga yang kompetitif.

    Kami melayani pemesanan untuk Jabodetabek dan semua propinsi di Indonesia.

    Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi :
    Herry Hermawan HP 081808848274 atau klik http://www.metalogic.co.id
    .

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: