Beranda > Tutorial Komputer > Update windows 7 bermasalah

Update windows 7 bermasalah

Beberapa hari yang lalu di kantor kami ada salah satu komputer staff yang tidak bisa update langsung dari server wsus maupun dr internet. permasalahan ini muncul setelah libur panjang dan setelah windows di update dan pada saat proses update berlangsung ada beberapa udate yg gagal, setelah itu komputer di restart, setelah komputer sudah on, ada beberapa program aplikasi yg tidak bisa di gunakan/error diantaranya office 2010 dan coreldraw x5.

karena aplikasi tersebut tidak bisa di gunakan, pertama tama saya coba untuk reinstall office 2010 (saya coba langsung install dng menggunakan cd office tanpa uninstall officenya terlebih dahulu) dan ternyata gagal dan tidak bisa di instal. kemudian saya coba untuk uninstall terlebih dahulu office 2010 nya kemudian saya install lagi tetapi tetap tidak bisa (setelah d uninstall semua registry sudah di bersihkan ccleaner). kemudian kita coba tanya ke prof. google.com dan saya menemukan satu aplikasi yg bernama Windows Installer Cleanup Utility, aplikasi ini saya gunakan untuk uninstall office 2010 kemudian saya coba install ulang officenya dan ternyata berhasil.

kemudian saya coba untuk reinstall coreldraw x5 dan permasalahannya sama seperti office 2010 tadi, kemudian saya mencoba menggunakan revo uninstaller dan setelah uninstal kemudian saya instal dan berhasil.

setelah semua aplikasi tersebut sudah normal, kemudain saya coba untuk update windowsnya tetapi selalu gagal. menurut saya jika update selalu gagal terus kemungkinan besar krn windowsnya bermasalah. jika demikian lebih baik jika windows 7 di repair.

berikut cara repair windows 7  dengan menggunakan DVD master windows ori yg saya coba (maaf gambar screen shotnya blm ada, ntar saya lengkapi lg dng gambar klo ada masalah yg sama) :

  1. gunakan master windows yg sama dng system kita
  2. masukkan master windows 7 ke DVD drive
  3. klik run setup.exe (jika dvd autorun), jika autorun tidak muncul masuk ke dvd drive kemudian cari setup.exe kemudian klik 2x
  4. klik tombol install now
  5. kemudain akan muncul window, lalu hilangkan uncheck the I want to help make Windows installation better kemudian klik option Go online to get the latest updates for installation…..
  6. setelah itu windows akan cek update online
  7. setelah itu akan muncul window install windows, centang I accept the license terms kemudian klik Next
  8. klik option Upgrade…
  9. kemudian windows akan memeriksa masalah kompabilitas
  10. kemudian klik Next
  11. windows akan memulai instalasi, tunggu instalasi samapai selesai (akan ada beberapa kali restart)
  12. kemudian ikuti step selanjutnya samapai selesai
  13. jika instalasi sudah selesai, windows akan membentuk sebuah folder hidden di drive C yang biasanya nama foldernya adalah C:\Windows.old, C:\$INPLACE.~TR dan C:\WINDOWS.~Q 
  14. jika ada file user yang hilang, maka filenya bisa di kembalikan dari folder yg terbentuk tersebut. misalnya folder user sinaga17 hilang (biasanya ada di C:\User\sinaga17) maka folder tersebut dapat di copy dari folder windows.old.
  15. jika file user selesai di cek dan tidak ada masalah, selanjutnya folder2 tersebut bisa di bersihkan atau di hapus. caranya,
  16. jalankan Disk Cleanup (klik kanan drive C kemudian pilih properties, kemudian klik button Disk Cleanup, proses disk cleanup akan jalan
  17. setelah proses disk cleanup selesai, centang option Files discarded by Windows upgradePrevious Windows installations, dan Windows upgrade log files kemudian klik Ok.
  18. kemudian refresh Windows Experience Index (WEI) Score
  19. selesai.
  1. 19/09 pukul 15:32

    sangat bermanfaat Gan..

    • 24/09 pukul 09:28

      matursuwun gan.. jika ada yg kurang tepat harap di koreksi jg gan!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

