Beranda > Beranda, Otomotif > Ganti gir depan vixion untuk ban Besar

Ganti gir depan vixion untuk ban Besar

Mayoritas pengguna vixion yang beralih menggunakan ban gambot, otomatis harus ganti gir supaya si vixi gak ngos-ngosan saat berlari. kebanyakan dari biker yang saya temui mereka pasti mengganti gir belakang dengan gir scorpio (mata 44). dan memang akselerasi yg di hasilkan bagus dan mendekati akselerasi vixi standar.

Berikut perhitungan perbandingannya :

Gir standar vixion depan 14 dan belakang 42 => 42:14 = 3,0 ( gir belakang di bagi gir depan)

kemudian di modifikasi menjadi depan (pake yg ori) 14 dan belakang 44 (scorpio) => 44:14 = 3,14

Jika di perhatikan perbedaan antara yg asli dengan yg modifikasi memang sangat beti (beda tipis) dan otomatis akselerasi antara motor standar dan motor modif gir pun akan beti juga Smile.

Masalah akan timbul jika motor kita masih baru Sad smile dan rantainya blm kendor, karena gir belakang bertambah besar otomatis mata rantai pun harus kita tambah Sad smile . tetapi jika rantai vixion kita sudah molor maka gir bisa langsung di pasang tanpa harus ada perubahan. Smile

Nah, bagi bro/sis sekalian yg ingin menggunakan ban besar dan tidak ingin mengutak atik rantai serta dan ingin akselerasi vixionnya mendekati standar maka bro/sis bisa mengganti gir depan menjadi gir mata 13 (aslinya 14). Smile

berikut perhitungan perbandingannya :

depan 13 dan belakang 42 => 42:13 = 3,230 

image

Share pengalam dl ya bro/sis… satu bulan setelah saya beli vixion dan memang saya tidak terlalu senang ama motor standar, dan hal pertama yg mau saya ubah adalah velg dan bannya, krn vixion terkenal dengan ke cungkringannya.. Smile

setalah ganti velg dan ban, tampilan si vixi memang gagah tp tenaga loyo. setelah tanya sana sini, akhirnya d saranin ganti gir. dan ada yg saranin pake gir belakang skorpio, tp rantai harus di tambah matanya krn rantai blm kendur. kemudian ane ketemu ama temen dan nyaranin yg di ganti adalah GIR DEPAN menjadi mata 13 dan rantai tidak perlu di utak atik. dan akhirnya gir depan pun di rubah jadi gir mata 13. dan hasilnya memang sangat luar biasa, tarikan motor spt motor standar walaupun bannya gendut. ane coba di tanjakan dan hasilnya luar biasa, tak ada tanda2 ngos ngosan.. Smile

Karena ane mau nyoba2 dl maka ane beli gir depan aksesoris yg bekas Open-mouthed smile dan harganya cuma 35rb… Open-mouthed smile dan hasil coba2nya berhasil bro/sis.. Smile

ane pake ban depan 110/70-17, belakang 120/70-17. velg depan 2,5 in dan belakang 3,5 in.

vixion sinaga17

  1. brandon
    29/10 pukul 13:26

    top one lahhhhhh…….ciyussssss

  2. wasit
    31/10 pukul 22:39

    Ban depan sy 100/70 velg 2,5 inc….. buat belok berat mas bro, rencana mo ganti ke 90/80 biar agak ringan….

    42:13 = 3,23 apa gak terlalu sangat ringan dan pendek rationya masbro

    btw gear 44:14 = 3,14 terlalu ringan dan pendek rationya di sy, akhirnya ganti yg 43:14 = 3,07walau masih agak ringan dan pendek rationya tp setidaknya ga berat kyk 42:14, rencana lagi mo ganti ke 46:15 = 3,06….. sepertinya ratio ini pas buat sy…..

    • 01/11 pukul 07:48

      saya ganti yg depan krn rantai nya msh blm kendor bro, klo saya ganti yg blakang, ntar hrs nambah mata rantai bro dan daerah saya itu banyak tanjakan terjalnya, jd saya lbh milih tarikan yg ringan aja..

      BTW analisanya mantap bro, sepertinya bro ini mekanik ya… heheee..

  3. redvixy
    08/02 pukul 00:38

    Mas aku mau tanya, klo gir depannya diganti gitu jd 13 ada pengaruh ke nafasnya jadi pendek ga ? Aku cuman ganti ban belakang pake 130/70 dan velg masih standar. Makasih sebelumnya.

    • 08/02 pukul 08:18

      semua pergantian part pasti ada pngaruhnya mas, tp saran saya sih klo mash pake velg standar mending gearnya gak usah di ganti krn ban yg napak k aspal kan msh diki krn bannya ngedonat. kecuali jika velgnya d ganti dng velg lebar br gearnya hrs d ganti (pake gear scorpio) klo bsa satu set depan blakang..

      • redvixy
        08/02 pukul 15:02

        Ok, makasih mas infonya.

      • 12/02 pukul 11:41

        makasih kembali mas..

  4. dark vixy
    12/02 pukul 22:33

    gan, kl velk std ganti ukuran brp maksimal biar ga ngedonat..

    • 13/02 pukul 11:24

      ban depan 100 blakang 110-120 gan..

  5. iGa
    14/02 pukul 01:14

    gan numpang nanya ni vixi ane ukuran ban depan 100/80 dan blkg 120/70, velg nya standart, ukuran gear depan blkg yg ideal brp yah…?

    • 14/02 pukul 08:10

      di komen sebelumnya ane sudah bahas gan, klo masih pake velg standar gak perlu ganti gear gan, krn ban yg napak ke aspal kan sedikit hampir sama dng ban standarnya. kecuali agan mau ganti velg lebar baru agan ganti gir nya, rekomendasi sih pake gir nya scorpio..

      • iGa
        14/02 pukul 11:56

        ok makasi gan info nya… 😀

      • 14/02 pukul 12:40

        makasi kembali gan.. 🙂

  6. dark vixy
    15/02 pukul 13:08

    mksh gan infonya..

  7. gesa alfian
    03/03 pukul 16:23

    gan cariin info cover engine dan cakram belakang ya..

    • 04/03 pukul 10:05

      klo agan domisili d semarang, cari d Barito aja gan..

  8. donnie
    12/04 pukul 21:25

    Jadi tambah wawasan nh,,, maksih gan,,, aq baru mau ganti ke velg lebar ,,, harga kisaran brp ya?

    • 15/04 pukul 08:47

      klo hrg gir sekitar 50Rb an,
      klo hrg velg kisaran >800rb an

  9. Agdi Sukma
    25/04 pukul 05:37

    mas bro, motor ane baru aja ganti ban 110/70 – 130/70, rantai juga sdh molor krn sdh mencapai 12.700 km.
    minta saran mas bro…
    kalo misalnya ane ganti rantai baru + gear, gear depan n belakang pakai brp mata? atau apa bisa ganti rantai + gear punya scorpio ya?
    thanks bro…

    • 25/04 pukul 08:10

      penggantian gir harus di lihat dari medan yg sering kita lewati bro, klo jalan d daerah kita itu pegunungan (banyak jalan nanjak) sebaiknya ganti gir belakang punya scorpio (mata 44),

      tapi kalo daerah yg sering kita lewati datar2 saja bisa pake gir belakang byson (mata 40).

      klo pake ban + velg lebar sebaiknya gir depan belakang di ganti pake girnya scorpio bro.

  10. 01/05 pukul 16:30

    gan sdikit masukan cara pnghitungan gear
    kl std vixion kan gearnya 42:14 =3

    kl msalkan agan da ganti velg tapak lebar plus ban gambot,
    agan hrus cari gear yg bisa dapetin jumlah angka 3 jg, biar tnaga standarnya ttp
    ato yg mndekati standar gan
    sperti gear 44;14=3,14
    46;15=3,06 mendekati
    (45;15= 3 gan),
    bgitu kl cara penghitungan saya gan
    smoga bermanfaat buat agan2 yg lg modif kaki vixion

  11. 07/05 pukul 11:48

    kalo pake 15 dan 44 gmn bro? ngefek ke engine ga?
    soalnya kalo pake 13 dan 42 napasnya jd pendek

    • 08/05 pukul 13:40

      klo agan ganti velg dan ban lebar sebaiknya gir belakang di ganti (pake gir scorpio mata 44) bro, supaya tarikan lebih enteng (mendekati standar). klo girnya masih pake yg standar (velg dan ban lebar) tarikan motor akan berat dan ini bisa mengurangi umur mesin..

  12. 05/06 pukul 15:34

    bos kalo di trek dataran gimana? masih tetep bisa lari gak? takutnya di tanjakan tangguh di datran mesin triak triak tp gak ada larinya??

    • 05/06 pukul 15:39

      di trek datar normal bos, gak ada masalah..

  13. 05/06 pukul 16:08

    makasih bos infonya….

  14. Han
    10/06 pukul 09:10

    Gan kalau ganti Gear 44 gimana nanti kalau gantai rantai baru, kan g sama ukuran rantainya ?

    trus kalau gear 13 yg depan, yg cocok ma vixion punya nya apa ?

    • 10/06 pukul 09:27

      sepertinya agan ini belum baca semua postingan saya di atas.. saya kan gak pake gir 44 krn rantai blm kendur,

      saya gak tau merk gir depan yg saya pake itu gan, krn itu aksesoris dan bekas orang..

      saran saya klo mau pake velg lebar dan ban besar lebih baik pake gir scorpio aja gan..

  15. Han
    10/06 pukul 09:44

    Oke gan makasih…
    kalau udah terlanjur pakek Gir 44 gimana pas ganti rantai baru gitu loo gan maksud ane…

  16. eko nur
    29/06 pukul 11:40

    mas bro, mawm nanya nih?
    klo ban belakang udah ganti ukuran 100/80, untuk ban depannya enaknya pake yang ukuran berapa ya?
    tolong masukkannya?

    thanks.

  17. Meirda Utama
    08/01 pukul 09:08

    Gan mau nanya neh yang ideal dengan standar swingarm vixion kira2 masuk ga ukuran ban 130/60 dengan posisi rem tromol ganti cakram, ane takut udah beli ban cuma ga masuk. soalnya ane pengen banget pake ukuran 130, cuma bawahnya ane masih ragu2.. mohon pencerahannya gan..

    • 08/01 pukul 10:54

      klo pake velg standar ukuran ban 130 masih masuk bro tp ban kliatan ngedonat, tetapi klo pake velg lebar max ukuran ban 120. krn ane pake 120 dan sudah sangat mepet arm nya..

      klo mau pake ban 130 dan velg tapak lebar ane saranin ganti skalian arm nya atau arm orinya di modif aja..

  18. 22/01 pukul 22:49

    gan mau tanya nih… vixi ideal gak klo pke velg belakang 3,5 ” dan depan 2,5” terus bannya Belakang 130 depan 100 itu perlu diganti gear nya gak gan?? thanks yaa

    • 23/01 pukul 12:19

      ya harus d ganti gan, klo gak d ganti motor bakal berat larinya.. pake gear pio aja gan… 🙂

      • 23/01 pukul 16:52

        makasii gan..oohh pke gear si pio klo mata gear depan yg mata 13 belas itu aja gimana soalnya rantainya masih baru gan blm kendor2 gitu…

      • 24/01 pukul 08:54

        ya silahkan saja gan, krn saya dl sudah pake cr itu sesuai yg saya tulis di artikel di atas.. 🙂

  19. 25/01 pukul 08:11

    oke makasii gan gan hehhe

  20. 16/02 pukul 18:17

    Maaf gan mw tnya…ane pake ban dpn 100/80 blkng 140/70…velk tapak lebar,,ane harus ganti pake rasio 44:14 or 42:13..n kondisi rante ane dah kendor tp orinya..rantai ori vixion g ada sambungannya kan..mohon sarannya gan..ane masih bimbang nih mw pake yg mana rasionya yar enteng lo di track datar

    • 17/02 pukul 15:37

      pake gir scorpio mata 44 aja gan,.

  21. william siregar
    27/03 pukul 02:02

    bro, kalo saya masih pake velg standar old vixion, ukuran yg bagus tp ga keliatan ngedonat apa ya? trus kalo udah pake ukuran ban tsb ganti gir ukuran brp, trek yg ditempuh datar” saja bro, tp kalo nanjak utk touring bisa kuat juga ?
    tolong di infokan, hehe

    • 28/03 pukul 08:18

      Pake ukuran 120 aja gan, gir gak perlu di ganti, tp klo mau ganti pake gir punya nvl aja..

  22. Aqmal
    15/04 pukul 07:10

    Agan-agan dapat memodikasi motor dengan,
    DAFTAR GRATIS
    Sambil Online membuka situs forum , blog , komentar , chat room , chatting , facebook dinding , halaman facebook , kelompok , twitter , situs ptc , situs iklan, kita mendapatkan penghasilan yang terbilang lebih dari lumayan.
    Anda mendaftar gratis, jadi kalaupun anda registrasi anda tidak dirugikan sama sekali, pada awalnya anda akan diberikan modal 25 $ dan seterusnya Anda bisa mendapatkan tanpa batas , itu semata-mata tergantung pada usaha Anda dan seberapa banyak Anda bekerja untuk mempromosikan link anda . Banyak dari anggota kami berpenghasilan lebih dari $ 200 per hari dan 5.000 $ + per bulan.
    Kita tidak akan sukses apabila kita tidak mencoba memulai mengerjakan sesuatu dengan keyakinan kita sendiri, Cobalah pasti Anda tidaka akan rugi !!!
    Caranya :
    Anda hanya perlu open link di bawah dan register sebagai member.
    Mendaftar langsung broadcast !!!
    Anda berminat untuk mencoba, klik http://invite4job.com/?id=46508

  23. 04/06 pukul 15:31

    mas broo ane beli velg bison mau saya pasang ke vixion ane tapi gak masuk apa permasalahanya ya mas brooo,thank sebelumnya

  24. 04/06 pukul 15:32

    saya pernah coba gak masuk mentok sama arm nya mas broo

  25. Yopi
    20/05 pukul 09:49

    Klw pakai ban ukuran 130/70-100/70,gear hrus pakai ukuran gear Brp gan?

  26. Yopi
    24/05 pukul 12:57

    Untuk ban 130/70:100/70 gear nya hrus pakai ukuran brp?

  27. arul
    08/12 pukul 19:10

    Klo ukuran gear belakang ny 44..ga bisa lari kencang mas. .cuma stabil klo dibwa santai. .dengan ukiran ban depan 110/70 dan blakang 130/ 70 ? Gmna biar top speed stabil berapa rasio stabil ny mas ?

  28. andhi
    13/12 pukul 01:05

    Gan Minta sarannya saya pake ban belakang 150/60 Dan depan 110/70 pelek standart. cocoknya pake kombinasi gear ukuran berapa??

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

