Beranda > Beranda, Cerita Motivasi > Implementasi Strategi Sun Tzu di dunia kerja

Implementasi Strategi Sun Tzu di dunia kerja

1. Kenalilah musuh dan kenalilah diri anda sendiri

mengetahui siapa diri anda, apa yang menjadi tujuan karir anda serta apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan andapada pekerjaan anda. musuh tak selalu berasalah dari luar diri anda. musuh yg berasal dari dalam diri sendiri biasanya jauh lebih berbahaya dan sulit untuk di kalahkan. misalnya sikap malas, sombong, perasaaan sok eksklusif.

2. Gunakan kekuatan luar biasa untuk meraih kemenangan

Cari tau kriteria yang berlaku dan berusaha untuk melampauinya. biasanya karyawan yg menempati posisi yang baik mempunyai karakteristik atau keahlian yang lebih dari karyawan lainnya.

3. Meraih kemenangan terletak pada serangan

Jadilah pribadi yang aktif, jangan hanya duduk dan hanya menunggu. tak ada salahnya bersikap agresif atau menunjukkan sikap ambisius. prinsipnya, selagi tidak merugikan orang lain, jadilah pribadi yang penuh inisiatif, contohnya, memberi ide-ide kreatif dalam rapat.

4. Kecepatan adalah inti kesuksesan

Sejak 2500 th yg lalu ketika Sun Tzu mengajarkan teorinya, pentingnya menghargai waktu sudah ditekankan. apalagi sekarang, dimana waktu adalah uang. oleh sebab itu untuk meraih keberhasilan, kita perlu bergerak lebih cepat.

5. Kejarlah rancangan-rancangan kerja strategis Anda

Bersikap konsisten itu sangat penting. jika kita sudah menetapkan target dan menentukan strategi untuk mencapainya, berusahalah untuk konsisten. jangan ada keraguan, fokuslah pada apa yang menjadi target dan berupayalah terus sampai tujuan tercapai.

6. Jangan cepat puas atas suatu pencapaian

Mudah puas itu seringkali menjadi pengganjal keberhasilan. jangan cepat puas dan langsung terlena dengan setitik keberhasilan yang baru di capai.

7. Timing yang tepat di situasi yang pas

Peluang bisa datang kapan saja, maka jadilah orang yang mampu membaca bahkan menciptakan peluang dan mengonversikannya menjadi kemenangan. jadi, kita harus tau kapan melontarkan ide-ide kreatif, atau momen yang pas untuk mengajukan permohonan kenaikan gaji.

8. Integritas sangat diperlukan

Kesungguhan kerja seseorang hanya bisa dilihat dari integritas pribadiyang di tunjukkan lewat sejumlah sikap positif.

9. Belajarlah menyimak dan mendengarkan

Belajarlah menjadi pendengar yang baik, disarankan untuk lebih banyak mendengar ketimbang bisara, apapun posisi kita, baik sebagai atasan maupun bawahan. memang perlu banyak mendengarkan, menyimak, dan memerhatikan pendapat ataumasukan dari semua pihak.

10. Strategi mempermudah jalan

Buatlah perencanaan yang baik jangan hanya bergantung pada momen “kebetulan”. rencana yang baik tidak selalu berakhir dengan kesuksesan dan kebahagiaan, tapi setidaknya itu membantu anda untuk berjalan di jalur yang tepat, lebih focus dan bersikap antisipatif.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: