Beranda > Beranda, Free Software, Software, Tutorial Komputer > Cara Pasang Aplikasi Windows di Linux menggunakan PlayOnLinux

Cara Pasang Aplikasi Windows di Linux menggunakan PlayOnLinux

Bagi sebagian besar pengguna Linux, keberadaan aplikasi yang tersedia pada platform Linux seringkali dirasa belum cukup untuk menggantikan keberadaan aplikasi yang sudah lebih dahulu ada pada platform Windows.

image

Hal ini lebih terasa pada kategori permainan, dimana banyak aplikasi permainan yang dirancang secara spesifik untuk platform Windows, meskipun belakangan ini sudah mulai banyak perusahaan yang mencoba untuk mendukung platform Linux, misalnya Valve.

Sebuah harapan muncul ketika proyek Wine diluncurkan. Proyek ini mencoba untuk mengimplementasikan pustaka API milik Windows dan diharapkan bisa menjadi jembatan bagi para pengguna Linux yang hendak menggunakan aplikasi berbasis Windows untuk dijalankan di platform Linux. Beberapa aplikasi memang sudah berhasil untuk dijalankan di platform Linux, namun masih banyak lagi aplikasi yang masih belum sepenuhnya kompatibel. Meski demikian, kemudahan untuk menginstall sebuah aplikasi yang terbilang cukup kompleks dirasa masih menjadi batu sandungan untuk bisa sepenuhnya migrasi ke platform Linux.

Saat ini muncul sebuah solusi baru yang lebih memudahkan pengguna untuk menginstall aplikasi Windows di Linux. Aplikasi ini disebut dengan PlayOnLinux (http://www.playonlinux.com/en/). Aplikasi ini memanfaatkan proyek Wine sebagai dasarnya, namun sudah dikustomasi sehingga lebih mudah bagi pengguna awam untuk menggunakannya. Cukup pilih aplikasinya dan install. Biarkan PlayOnLinux yang bekerja untuk proses selanjutnya. Versi  terbaru dari PlayOnLinux adalah 1.4.9.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, dibutuhkan beberapa aplikasi pendukung lainnya, misalnya WxPython, Cabextract, dan Wine. Sebagian besar distro linux sudah menyertakan pilihan paket diatas, sehingga kamu bisa menginstallnya dengan mudah. Bagi pengguna Slackware, silahkan menggunakan SlackBuild script yang tersedia pada situs http://slackbuilds.org/repository/14.0/games/playonlinux/. Bagaimana cara pakainya?

1. Pada saat pertama kali menjalankan aplikasi PlayOnLinux, aplikasi ini akan mencoba menguji apakah sistem kamu sudah memenuhi beberapa persyaratan dasar. Salah satunya adalah ketersediaan font milik Microsoft. Apabila tidak tersedia, maka PlayOnLinux akan mengunduhkannya buat kamu. Pastikan kamu sudah terkoneksi ke Internet sebelum menjalankannya.

t5-431-linux-gb-02

2. Setelah semua persiapan sudah selesai, maka PlayOnLinux akan menghubungkan dirinya ke server di Internet untuk mengambil data aplikasi terbaru yang ada di sisi server. Developer PlayOnLinux berusaha mengklasifikasikan berbagai macam aplikasi tersebut kedalam beberapa kategori yang diimplementasikan dalam bentuk tab. Sebagai contoh, kita hendak menggunakan aplikasi mIRC di platform Windows sebagai percobaan. Sebagai informasi, mIRC adalah aplikasi IRC client yang paling populer di Windows. Klik tombol Install a Program dan pilih tab Internet dan di bagian akhir daftar aplikasi, kamu bisa melihat mIRC.

t5-431-linux-gb-03

3. Klik tombol install dan kamu akan mendapatkan halaman panduan untuk installasi aplikasi mIRC.

t5-431-linux-gb-04

4. Proses akan dimulai dengan mengunduh aplikasi yang bersangkutan, lalu dilanjutkan dengan proses installasi seperti pada platform Windows. Aplikasi yang baru saja terpasang akan muncul pada daftar aplikasi yang ada pada jendela utama PlayOnLinux.

t5-431-linux-gb-05

5. Untuk menjalankan aplikasi tersebut, klik pada tombol Run dan aplikasi akan berjalan secara normal.

t5-431-linux-gb-06

Perlu diingat bahwa PlayOnLinux tidak menjamin bahwa semua aplikasi bisa dipasang di platform Linux. Daftar aplikasi yang tertera di aplikasi ini adalah aplikasi yang sudah diuji dan dipastikan bisa berjalan dengan baik. Memang jumlahnya tidak banyak, namun seiring dengan semakin berkembangnya proyek Wine, maka niscaya semakin banyak pula aplikasi yang akan tertera pada daftar aplikasi di PlayOnLinux.

Sumber : tabloidpcplus.com

  1. 26/04 pukul 10:11

    Entah mengapa, walaupun ms OFFICE 2007 bisa saya jalankan di Ubuntu 12.04, tetap saja enakan makainya di windows :’D

    • 26/04 pukul 14:35

      ya gan,, bagaimana pun juga, aplikasi windows yg bsa d jalankan d linux tidak akan sesempurna pd saat dia d jalankan di Windows..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: