Beranda > Beranda, Tutorial Komputer > Cara mengatasi Consider Replacing Your Battery di Windows 7

Cara mengatasi Consider Replacing Your Battery di Windows 7

battery

Beberapa hari yang lalu laptop saya tiba2 muncul notifikasi yg berkata “Consider replacing your battery” dan icon battery laptop di silang merah, Notifikasi ini muncul ketika Windows 7 mendeteksi bahwa kapasitas baterai laptop Anda sudah kurang dari 40% kapasitas seharusnya, dan sudah saatnya di ganti.

saya pun cukup kaget dengan notifikasi tersebut, karena setahu saya laptop saya masih bisa di pakai selama lebih kurang 1,5 jam dengan menggunakan tenaga battery.

Tetapi kadang Windows 7 salah dalam mendeteksi kapasitas battery laptop, bahkan ada yg sudah ganti battery tetapi notifikasi ini masih muncul.

Jika notifikasi di atas muncul di laptop anda, jangan panik atau buru2 membeli battery baru. karena kita tahu battery laptop itu tidaklah murah. berikut ini ada cara sederhana untuk menghilangkan notifikasi tersebut, berikut langkah-langkahnya :

  1. Charge Battery laptop sampai penuh (biasanya indikator battery tidak sampai 100%, kadang kita sudah charge selama berjam-jam tetapi mentok di 98%. hal ini tidak jadi masalah). setelah di charge, matikan laptop anda (jangan mencabut charger laptop)
  2. idupkan laptop, kemudian tekan F8 berulang-ulang (sebelum masuk windows) sampai muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.
  3. Setelah berhasil masuk ke safe mode, kemudian cabut charger laptop.
  4. Biarkan laptop menyala sampai laptop mati sendiri (battery nya benar2 habis).
  5. Setelah laptop mati, pasang kembali charger laptop, kemudian hidupkan kembali laptop anda dengan normal. dan lihat hasilnya, notofokasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai tidak muncul lagi.

 

Teknik di atas pada dasarnya adalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop Anda. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai benar-benar habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 jadi “tahu” kapasitas sebenarnya (real capacity) dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.

Cara ini saya coba di laptop HP ProBook 531m dan berhasil dengan baik. indikator battery normal kembali seperti semula.

  1. sry wahyu
    19/05 pukul 09:14

    Mas,ane dpt masalah nie blom sempet kalibrasi battery kburu mati total…gimana mas cara mulihinnya?. Ane pake sony vaio svt1315cvs, please bantuannya…ane udah pusing dbuatnya. T_T

    • 20/05 pukul 09:55

      charge dl battery laptopnya sampe penuh, kemudian ikuti langkah2 yg saya jelasin di atas..

  2. sry wahyu
    19/05 pukul 09:15

    Ane pake windows 8.
    Mohon bantuannya…

    • 20/05 pukul 09:59

      saya belum pernah nemu notifikasi Consider Replacing Your Battery di windows 8 gan.

      klo pun ada, saya kira cara ngilanginya sama dengan yg saya tulis di atas.

  3. 24/06 pukul 11:59

    Kalau itu masalah bug di Windows 7, seharusnya di Windows 8 tidak ditemukan masalah tersebut, kecuali batreinya memang sudah rusak. CMIIW

  4. 08/07 pukul 18:00

    Mudah – mudahan sukses dicoba di netbook Toshiba NB250 punya kakak saya, yang kebetulan punya masalah sama… Thanks infonya sob! 🙂

  5. Andri_234
    21/07 pukul 23:49

    gw udh coba gan laptop gw HP presario CQ62 udh cape mencet tombol F8 tapi ga juga muncul boot safe mode, tolong pencerahan nya

    • 22/07 pukul 09:27

      tekan tombol F8 nya berkali-kali jgn cuma di tekan sekali (ditahan), jika tidak bisa coba cara berikut :

      1. Klik Start –> klik RUN
      2. Kemudian ketik MSCONFIG –> enter
      3. Pilih tab BOOT
      4. Centang SAFE BOOT –> OK
      5. Restart

  6. Ali
    07/01 pukul 09:41

    thxs gyus….

  7. 07/06 pukul 05:35

    sekilas info :
    laptop ane asus K43S mngalami hal kya gini, awalnya bingung,, krana ane panik, langsung aja laptop ane restart,, hasilnya positif, gak muncul lgi tu pesan. alias baterai normal kembali….
    😀 😀

  8. Nate
    01/07 pukul 18:56

    apa benar cara ini bisa berhasil? apa pernah ada yang nyoba dan berhasil?

    • 02/07 pukul 08:59

      ini pengalaman pribadi Saya dan berhasil Gan…

  9. 04/09 pukul 09:10

    setelah masuk safe mode charge laptop saya cabut, tp laptop langsung mati,, itu gmna gan ?

  1. 11/01 pukul 11:49

Tinggalkan Balasan

