Beranda > Beranda, Berita Teknologi, Software, Tutorial Komputer > Fungsi Shutdown, Switch user, Hibernate, Sleep, Restart, Log Off dan Lock pada Windows 7

Fungsi Shutdown, Switch user, Hibernate, Sleep, Restart, Log Off dan Lock pada Windows 7

image

Pada postingan saya sebelumnya saya sudah memberikan penjelasan mengenai shortcut keyboard atau shortcut keyboard yg umum digunakan pada windows 7 yg dapat mempermudah pekerjaan kita di windows 7. kali ini saya akan membahas fungsi Shutdown, Switch user, Hibernate, Sleep, Restart, Log Off dan Lock pada Windows 7.

Fungsi-fungsi berikut mungkin kurang kita perhatikan atau mungkin saja ada yang tidak tau untuk apa fungsi2 itu di buat. yang jelas semua fungsi2 yg di buat pasti mempunyai tujuan yang mempermudah pekerjaan atau mempermudah kita dalam mengoperasikan komputer.

SHUTDOWN

Opsi yang satu ini pasti sudah banyak yang kenal dan mengerti sitem kerjanya. Perintah shutdown memerintahkan semua komponen komputer (RAM, hardisk, prosesor, dll) untuk dinonaktifkan, yaitu diputus aliran listriknya. Pada saat ini memori komputer (RAM) dikosongkan, sehingga jika hendak menghidupkan komputer kembali, butuh waktu cukup lama untuk me-load kembali.

Shortcut Keyboard : Win + Right + Enter

SWITCH USER

Switch User digunakan untuk pergantian pengguna komputer tanpa menutup program. Maksud pengguna disini adalah pengguna yang mempunyai hak akses terhadap komputernya dan biasanya pengguna ini mempunyai password untuk mengakses komputer tersebut.

Shortcut Keyboard : Win + Right + Right + Right + W

HIBERNATE

Sama seperti shutdown, hibernate juga mematikan keseluruhan komponen komputer. Bedanya, sebelum dimatikan (sebelum mengosongkan RAM), isi dari memori atau RAM tersebut disalin ke harddisk terlebih dahulu, sehingga saat hendak dihidupkan kembali, tidak membutuhkan waktu terlalu lama karena isi RAM sudah ada di harddisk (tinggal dikembalikan seperti sediakala). Jadi semisal Anda membuka banyak aplikasi kemudian meng-hibernate komputer, saat komputer dihidupkan kembali aplikasi-aplikasi itu masih terbuka seperti kondisi semula dan tidak perlu takut kehilangan data.

Hibernate paling sering saya gunakan, setiap saya pulang kantor, saya selalu Hibernate laptop saya, krn saya tidak perlu menutup semua file yg terbuka. dan saat saya hidupkan laptop di rumah, maka kondisinya laptop akan sama seperti saat di kantor tadi.

Shortcut Keyboard : Win +  Right + Right + Right + H

SLEEP

Mungkin ada yang masih bingung untuk membedakan Sleep dengan hibernate. Pada kondisi Sleep, semua komponen komputer mati kecuali memori (RAM). Jadi, semua komponen diputus aliran listriknya kecuali RAM. Ini yang membedakan Sleep dengan yang lainnya, modus Sleep masih menggunakan listrik untuk memberi daya pada RAM, sedangkan shutdown dan hibernate benar-benar memutuskan aliran listrik. Untuk menghidupkan komputer kembali dari modus Sleep jauh lebih cepat dibandingkan hibernate, karena isi RAM masih dipertahankan.

Fungis Sleep saya gunakan ketika istirahat dan makan siang.

Shortcut Keyboard : Win + Right + Right + Right + S

RESTART

Opsi yang ini pasti sudah banyak yang mengerti. Yaitu mematikan komputer secara shutdown kemudian menghidupkannya kembali.

Shortcut Keyboard : Win + Right + Right + Right + R

LOG OFF

Log off adalah opsi untuk keluar dari user yang saat itu Anda pake dan berganti ke user lainnya.

Misalnya jika satu komputer yang menggunakan lebih dari satu orang.

Shortcut Keyboard : Win + Right + Right + Right + L

LOCK

Mengunci komputer, jika anda ingin meninggalkan komputer (ke toilet) fungsi ini sangat cocok di gunakan, karena komputer akan terkunci, sehingga apabila ingin menggunakan komputer kembali, Anda harus memasukan passwordnya.

Shortcut Keyboard : Win + L
  1. jajang
    25/02 pukul 11:55

    Selamat siang, saya sangat tertarik dengan tulisan anda, mungkin d sini saya minta saran saja, kebetulan saya membuka outlet pembayaran dg menggunakan komputer, ketika tidak d gunakan sebaiknya memilih opsion yang mana dari yang anda sebutkn d atas.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: