Cara Membersihkan Cache Windows 8

charms windows 8

Windows 8 terkenal akan kecepatannya saat start up, tetapi semakin lama Kita menggunakan Windows 8 maka kinerjanya akan semakin menurun atau akan terasa lambat. ada cara mudah untuk membuat windows 8 itu kembali ke stamina sebelumnya, salah satu caranya adalah dengan membersihkan Cache nya.

Apa sih Cache itu? 

Cache (pada browser) adalah Data cadangan yang sengaja dibuat agar ketika membuka halaman yang sama, browser ga perlu secara total mengambil dari server hosting. Karena sebagian data mengambil dari cache yg di simpan tadi, jadi akses loading halaman web menjadi lebih cepat.

Prosesor PC juga memiliki apa yang disebut L1 dan L2 cache, itu pun sama maksudnya. Jadi prosesor menyimpan sebagian data yang sudah pernah dijalankan, sehingga ketika membuka aplikasi yang sama, tidak sepenuhnya data diambil dari hardisk atau memori utama.

Intinya cache untuk mempercepat akses. Hanya saja kalau terlalu lama tidak dibersihkan, sisa-sisa cache akan menumpuk. Padahal kita tidak selamanya membuka halaman yang sama. Untuk itu perlu rutin dibersihkan secara berkala. Kalau cache dalam prosesor sih tidak masalah, soalnya ketika PC restart cache akan terhapus otomatis.

Bagaimana cara untuk clear cache di windows 8? berikut caranya: 

1. Disk Clean-up

Fungsi utamanya adalah membersihkan beberapa file system yang sudah jarang/tidak digunakan lagi. Berikut cara Disk clean up:

  1. Tekan tombol windows
  2. Lalu anda akan masuk pada Start Desktop
  3. Ketik “Disk Clean Up”, lalu akan muncul tiga menu utama di kanan atas: file, setting dan apps. Lalu pilih Setting. Dan selanjutnya pilih Free Up Disk Space by Deleting Unnecessary File.
  4. Lalu pilih salah satu disk (default disk C). lalu pilih OK. Kemudian tunggu sampai proses selesai.
  5. Setelah itu klik Ok,dan ulangi lagi untuk disk yang lain

2. Clear DNS Cache

Cara ini biasanya digunakan jika Kita sering browsing internet. Seringkali DNS Cache membuat browser hang atau terkadang not responding, karena tidak banyak yang tahu kalau DNS Cache juga membuat kinerja browser menjadi lambat. berikut cara clear DNS Cache:

  1. Buka Command Prompt (Windows+R), ketik CMD, enter
  2. Ketik perintah ini di command prompt
  3. ipconfig /flushdns
  4. Enter, selesai
  5. Penampkannya kurang lebih seperti ini

3. Clear Search History

Para Pengguna windows 8 sering kali melakukan pencarian dengan menggunakan search. Ternyata hal ini membuat kompututer menjadi lemot, maka dari itu perlu di bersihkan . Berikut ini adalah caranya:

  1. Anda dapat menekan tombol Windows, lalu ketik Change PC Setting
  2. Ada Apps, kemudian Setting, dan File, kemudian pilih Setting. Lalu Klik Change PC Setting
  3. Pada kanan atas, lalu pilih Tiles
  4. Clear. Dan Selesai

Semoga bermanfaat..

2 pemikiran pada “Cara Membersihkan Cache Windows 8

  1. Ping balik: Cara Membersihkan Casing Iphone Putih - Casing Murah Meriah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.