Beranda > Beranda, Catatan kaki, Mudik, Sosial, Wisata > Mudik Semarang Medan yang melelahkan

Mudik Semarang Medan yang melelahkan

mudik semarang medan

Tanggal 2 Agustus 2013 Saya dan keluarga mudik ke Medan dengan menggunakan kendaraan pribadi (Mobil). perjalanan panjang ini akan menempuh jarak sekitar 2000 km atau 3 hari dalam perjalanan. rute yang kami lalui dapat di baca pada post saya sebelumnya yaitu Rute jalur mudik Lintas Timur Sumatera dari Jakarta ke Medan.

Rute pertama adalah dari semarang menuju jakarta. dari semarang menuju jakarta akan memakan waktu sekitar 12 jam lebih atau satu malam. Perjalanan semarang jakarta kami lalui dengan lancar karena arus kendaraan dari semarang menuju jakarta tidak begitu ramai. tetapi memasuki daerah cikampek, kami terjebak macet selama 2 jam. hal ini di sebabkan adanya persimpangan dan arus mudik dari jakarta menuju jawa sudah mulai ramai.

Jam 05:00 subuh Kami samapai di merak. dan ternyata setelah pintu tol merak sudah mulai macet. kendaraan berjalan 10 meteran setiap 15 menit. waktu yang di butuhkan untuk sampai ke pelabuhan sekitar 5 jam. 😦 yang bikin saya agak esmosi adalah saat melihat baliho gubernur banten yg di pajang cukup besar di sisi jalan, yg seakan akan hanya melihat kemacetan tetapi tidak ada aksi nyata untuk menangani kemacetan yg sering terjadi di merak. saya esmosi karena kejadian seperti ini sudah sering terjadi dan pemerintah saya kira gak punya solusi yg jitu untuk mengurai kemacetan di merak ini. bayangkan saja untuk menempuh jarak 5 km membutuhkan waktu 5 jam lebih!! 😦

macet merak

setelah 5 jam kena macet di luar pelabuhan, akhirnya kita masuk ke area pelabuhan, di sini juga kita antri sekitar 2 jam untuk masuk ke dalam kapal. baru kali ini saya mengalami kemacetan yang cukup parah selama hidup saya. 😦 setelah terjebak dalam kemacetan, akhirnya pada pukul 11 siang mobil masuk ke kapal dan menyeberang menuju pelabuhan bakauheni lampung. penyeberangan dengan kapal memakan waktu sekitar 2 jam lebih.

pelabuhan merak

macet pelabuhan merak

Sekitar pukul 14:00 kita akhirnya sampai di pulau sumatera (lampung), di pelabuhan bakauheni keadaan cukup sepi, mobil yang menunggu kapal bisa di hitung dengan jari. hal ini berbanding terbalik dengan keadaan di merak tadi.

Perjalanan kita lanjutkan dari lampung menuju palembang. perjalanan ini berjarak sekitar 500 km. keadaan jalan di lampung banyak yang rusak. ada yang mengatakan jika daerah menggala merupakan daerah rawan kejahatan. selama kami melalui rute lampung-palembang kami lalui dengan lancar dan tidak ada hal2 yang mencurigakan selama di perjalanan.

IMG_20130803_165523 (Medium)

Kemudian kami melanjutkan perjalanan dari palembang menuju jambi. jalan di daerah ini cukup bagus hanya ada sedikit yg mengalami kerusakan. kami melalui daerah ini pada siang hari. hanya saja selama di perjalanan banyak mobil yang menyalip dengan ugal2an. rata2 plat mobil yg ugal2an adalah plat BH (jambi) dan BG (palembang). saat kami istirahat makan siang saya melihat ada satu mobil yg mengalami kecelakaan (tabrakan). mungkin ini adalah akibat dari ugal2 tersebut.

kecelakaan inova

Sore hari kami sampai di jambi. kami melanjutkan perjalanan dari jambi menuju pekanbaru. rute jambi pekanbaru kita lalui pada malam hari. jalan di daerah ini cukup bagus hanya ada sedikit penambalan (betonisasi) jalan yang belum selesai. di derah riau jalannya banyak yang lurus dan mulus. akhirnya pada pagi menjelang siang hari kami sampai di kota pekanbaru. kami istirahat makan siang di pekanbaru.

Kemudian kami lanjutkan perjalanan dari pekanbaru menuju medan. perjalanan ini akan di tempuh sekitar 12 jam lebih. jalan menuju medan cukup bagus dan lancar. sepanjang jalan sudah cukup banyak pemukiman masyarakat. di sepanjang jalan kami melalu perkebunan sawit dan karet.

muatan para pemudik

Akhirnya Selasa sore kami sampai di rumah dalam keadaan sehat dan selamat tanpa kekurangan suatu apapun. perjalanan yg melelahkan ini kami tempuh mulai jumat sore samapi selasa sore. lamanya perjalanan di karenakan kemacetan di merak dan istirahat di jalan. jika perjalanan normal dan lancar, perjalanan dari semarang – medan hanya memakan waktu 3 hari saja.

1. 02/03 pukul 12:17

Wah bagus , rencana saya jg mau pulang ke tempat mertua di medan lebaran th 2015 ini.

• 02/03 pukul 14:33

hati2 di jalan Gan.. klo nyetir sendiri, banyak2 minum minuman yg mengandung vit c buat menjaga kondisi tubuh agar tetap prima slama perjalanan..

2. 25/03 pukul 14:25

Wah..menarik nih..perjalanan jauh..hehe..klo saya baru lintas jawa saja..ke sumatra hanya ke lampung awal tahun 2013

mudik 2014 juga saya tulis disini wangtry.wordpress.com

Salam Kenal.

• 27/03 pukul 07:57

iya Gan, perjalanan berhari-hari yg melelahkan tp nikmat heheee, salam kenal jg.. 🙂