Beranda > Beranda, Berita Teknologi, Hardware, Tips dan Trik > Tips membeli laptop bagi orang awam

Tips membeli laptop bagi orang awam

tips membeli laptop

Membeli laptop bukanlah hal yang susah sebenarnya yg penting ada Uang yg cukup, tetapi karena banyaknya pilihan yang ada saat ini membuat sebagian besar orang bingung mau memilih laptop apa yang cocok untuk di beli. sebagian besar yang membeli laptop hanya tergantung pada harga sebuah laptop.

Berikut beberapa panduan membeli laptop yg bisa anda pertimbangkan sebelum membeli laptop.

1. Digunakan Untuk apa laptop yang akan di beli?

Bisnis / Produktivitas : Jika Anda seorang eksekutif yg sering bepergian atau mahasiswa, tujuan utama Anda adalah menulis dan mengedit teks, memanipulasi spreadsheet dan membuat presentasi. Jadi Anda butuh laptop dengan keyboard yang baik, baterai yang tahan lama dan layar yg tajam. Contoh: HP EliteBook, Lenovo ThinkPad, Toshiba Tecra, ASUS U38N, Dll

Gaming : Jika Anda sering bermain game high-end, carilah laptop dengan spek high-end dengan prosesor Core i7, kartu grafis (bahkan mungkin dual kartu grafis), layar yg beresolusi tinggi dan speaker yang kuat. harga >10jt. contoh: MSI GT60 Dominator Pro, Asus G750JZ, Lenovo IdeaPad Y510p, Alienware 18, dll

Multimedia : Jika Anda mengedit video, foto atau membuat ilustrasi yg hidup, Anda memerlukan laptop dengan prosesor yang kuat, grafis dedicated, Solid State Drive (SSD) dan layar besar dengan resolusi tinggi (full HD). harga >10jt. contohnya sama dengan contoh laptop Game di atas.

Internet/email/komputer kedua : Jika Anda berencana untuk memberikan laptop Anda kepada anak-anak atau menggunakannya sebagai tambahan untuk PC utama Anda, Anda dapat membeli laptop murah atau netbook.

2. Pilih ukuran yang tepat

Ukuran layar tergantung kepada Anda, pilih lah yang paling nyaman untuk aktivitas anda dalam menggunakan laptop, harus di perhatikan bahwa ukuran layar akan sangat berpengaruh pada besar kecilnya laptop dan keyboard. laptop biasanya di kategorikan oleh ukuran layarnya.

Rentang kategori ukuran layar laptop diantaranya, 11 sampai 12 inci, 13 sampai 14 inci, 15 inci dan 17 sampai 18 inci.

3. Periksa Keyboard dan Touchpad

Cobalah untuk mengetik satu paragraf pada laptop yang akan anda beli, apakah keyboarnya nyaman di gunakan saat mengetik atau tidak? tingkat kenyamanan ini tergantung pada Anda sendiri, karena setiap individu mempunyai penilaian yg berbeda. dan Touchpad harus di uji tingkat respon dan letaknya, kadang ada touchpad yg sangat mengganggu jika kita sedang mengetik. di pastikan bahwa touchpad bisa di kunci, hal ini berguna jika kita menggunakan mouse sebagai pengganti touchpad.

4. Ketahui Spesifikasi laptop

Spesifikasi notebook seperti CPU, hard drive, RAM dan chip kartu grafis bagi orang awam memang membingungkan, tetapi ini bukan alasan untuk mengabaikan poin ini. karena ada pepatah mengatakan ada harga ada rupa. 🙂

Berikut adalah komponen laptop yang harus Anda di perhatikan,

CPU : komponen ini lah yg nantinya bekerja sebagai otak dalam laptop, cpu berpengaruh besar pada kecepatan proses pada laptop. ada dua pemain besar produsen cpu yaitu AMD dan Intel.

jika laptop anda sering di gunakan untuk Game, edit video/grafis gunakanlah processor Intel Core i5 ke atas (quad core) dan AMD E

Tetapi jika hanya untuk internetan, mengolah file office pilihlah processor core i3 kebawah (celeron) dan AMD A Series

RAM : Pilihlah minimal Ram minimal 4 GB

Hard Drive / SSD : Pilihan ini tergantung pada kebutuhan, SSD memiliki kecepatan 2 sampai 3 kali dari harddisk biasa, dan SSD lebih mahal dari harddisk namun ruang penyimpanan hanya berkisar 128/256GB saja.

Jika Anda membutuhkan kecepatan baca tulis pilihlah laptop yang sudah menggunakan SSD, tetpi jika membutuhkan ruang penyimpanan yang besar pilihlah harddisk dengan kecepatan min 7200 rpm

Display / Layar : Semakin besar pixel layar, maka akan semakin tajam tampilan layarnya. pilihlah resolusi minimal 1366 x 768 pixel. namum jika anda membutuhkan resolusi yg tinggi pilih laptop dengan layar Full HD (1920 x 1080) dan biasanya harganya sangat mahal.

Touch Screen : jika menggunakan OS Windows 8 sebaiknya pilih laptop layar sentuh.  dan biasanya layar sentuh akan lebih boros daya.

Chip grafis: Sebagian besar laptop yang beredar di pasaran memiliki kartu grafis teringrasi atau share system memory (mengambil sebagian memori/ram laptop). jika laptop sering di gunakan untuk kinerja tinggi pilihlah laptop dengan kartu grafis yg memiliki memory tersendiri atau dedicated. kartu grafis ini akan berpengaruh besar pada saat editing video, bermain game dan menonton video.

DVD / Blu-ray Drive: saat ini banyak laptop yang tidak dilengkapi dengan dvd drive, hal ini di karenakan jarangnya dvd drive di gunakan. jika Anda ingin menonton film blu-ray pilihlah laptop yng sudah dilengkapi dengan drive blu-ray. tetapi jika anda sering bepergian membawa laptop, pilihlah laptop tanpa dvd drive karena biasanya laptop tanpa dvd akan lebih ringan dan tipis.

5. Laptop Hybrid atau laptop tradisional

laptop hybrid biasanya bisa di gunakan sebagai tablet karena keyboardnya dapat di lepas atau di lipat menyatu dengan layar. pilihan ini kembali ke pada kebutuhan Anda. Contoh : ASUS Transformer Book, Microsoft Surface Pro, Dell Venue Pro 11, Lenovo IdeaPad Yoga 2 Pro, Dell XPS 12, Lenovo ThinkPad Yoga, dll

6. Battery

Perhatikan daya tahan battery. pilihlah laptop dengan daya tahan battery minimal 4 jam penggunaan dengan battery. tetapi jika anda sering bepergian pilihlah laptop yg dapat bertahan di atas 6 jam. bahkan ada laptop untuk para pebisnis dengan daya tahan battery hingga 20 jam. Contoh laptop dengan daya tahan battery terlama adalah Lenovo ThinkPad X230 20jam, Sony VAIO Pro 13 14jam, Apple MacBook Air 13-inch 11jam, Dell Latitude E6430 10jam, Acer Aspire M5-583P-6428 8jam, Dell XPS 12 (2013) 9jam, Dell Inspiron 14R (2013) 8jam, Aspire S7-392-6411 8jam.

7. Dana 

Ada harga ada rupa, begitulah kata2 yang sering saya dengar jika membeli alat elektronik.. 🙂 ya memang betul, jika mau membeli laptop harus di perhatikan kemampuan dana yg kita miliki. saran saya belilah Laptop di atas hrg 4jt, dengan demikian Anda akan mendapatkan yang lebih baik dan berkualitas.

Rentang harga 4 – 6 jt, Anda sudah dapat membeli laptop dengan spec prosesor Intel Core i5 atau AMD A8 CPU, 4 8GB RAM, dan 500GB hard drive. Contoh : Acer Aspire V3-551-8458, HP Pavilion g6, Lenovo IdeaPad S400, ASUS Q200, dll

Rentang harga 6 – 8jt, Anda akan mendapatkan lapto dengan design premium, case dr logam, sound yg jernih,  keyboard backlight, resolusi layar di atas 1600 x 900

Diatas 8jt, Anda akan mendapatkan laptop yg lebih portable dan kuat, layar beresolusi tinggi (full HD), processor yg lebih cepat, kartu grafis dedicated, dan tentunya lebih ringan. contohnya MacBook Air dan Lenovo ThinkPad X1 Carbon.

8. Merek / Brand

Pilihlah merek/brand yang terpercaya, misalnya memiliki pusat service center di kota tempat Anda tinggal. hal ini sangat penting jika susatu ketika laptop anda mengalami masalah dan membutuhkan penanganan serius. Contoh Apple, Asus, HP, Acer, Samsung, Sony, Lenovo, Dll.

9. Garansi

Garansi sangat penting diperhatikan, karena garansi sebuah produk mencerminkan kualitas dari produk tersebut. saat ini rata-rata garansi laptop berkisar 1 – 2 tahun, bahkan ada yg 3 th.

Jangan tertipu dengan embel2 garansi yang lama, harus di pastikan yang di garansi itu apanya dulu? misal ada brand A memberi garansi selama 3 th, ternyata setelah saya tanya lebih jauh mereka membagi garansi ke dalam 2 type, yang pertama garansi service dan yg kedua garansi sparepart.

Garansi service merupakan biaya service laptop yg di tanggung oleh brand,

Garansi sparepart merupakan biaya sparepart laptop yg rusak di ganti oleh brandnya.

Ternyata garansi 3 th yg di berikan brand A adalah seperti ini, garansi sparepart hanya 1 tahun saja dan garansi servicenya yg 3 th. jadi jika laptop kita rusak di th ke 2 dan harus ganti sparepart, maka kita harus membeli sparepart tsb yg tentunya sangat mahal dan yg gratis adalah biaya/upah servicenya saja.

Saran saya pilihlah laptop yg memberi garansi service dan spare part di 1th atau 2 th

10. System Operasi

Saat ini rata2 laptop yang ada di pasaran sudah dilengkapi dengan system operasi Windows 7 dan 8. jika Anda ingin memilih sendiri OS yg akan di gunakan, pilihlah Laptop tanpa System operasi.

Jika Anda membeli laptop Apple, pasti sudah di lengkapi dengan SO dan Anda tidak bisa menggantinya dng SO  yg lain.

Semoga Bermanfaat.. 🙂

  1. 01/04 pukul 17:09

    z410 nggak termasuk apa apa ternyata

  2. 01/04 pukul 17:31

    ane bookmark om 😀 boleh om d koreksi ? boleh donk :mrgreen:
    Poin no 7 om soal dana,ko ga jelasin gitu d bawah 4 jt,apa menurut ente lepy d bawah 4 jt ga layak d lirik om 🙄 http://ridertasik.wordpress.com/2014/04/01/theme-song-p200ns/

    • 02/04 pukul 10:15

      😀 wah ane mah kurang rekomen lepy di bwah 4jt gan.. 🙂 ya bukan krn gak layak tp krn spek yg di tawarkan antar produsen di hrg itu relatip sama semua dan kualitasnya menurut ane kurang bagus, krn ane sering nemu pengguna lepy di bwh hrg 4jt kecewa ama lepynya, ya kita taulah ada harga ada rupa.. 🙂 itu sih pendapat ane gan..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: