Beranda > Android, Beranda, Berita Teknologi, Free Software, Smartphone, Software, Tips dan Trik > Backup dan Sinkronisasi File dengan BitTorrent Sync

Backup dan Sinkronisasi File dengan BitTorrent Sync

bittorrent sync

Saat ini sering kita mendengar istilah Cloud storage, dimana kita bisa menyimpan file di cloud dan di sinkronisasi ke komputer pribadi kita. contohnya  DropboxSugarSync, OneDrive, dll. tetapi cloud storage yg ada saat ini membatasi space dan data yg di simpan di cloud bisa tidak aman karena di simpan di server penyedia layanan cloud.

Saat ini sudah ada sebuah software namanya BitTorrent Sync (Beta) yg dapat di katakan metode kerjanya sama dengan cloud storage, tetapi bedanya data di simpan di komputer pribadi dan data tersebut dapat di sinkronisasi ke banyak device dengan berbagai platform, seperti Windows, Mac, Android, iOS, Linux, dan FreeBSD.

Cara kerja BitTorrent Sync sebenarnya menggunakan sistem peer-to-peer atau komputer ke komputer. yang artinya, untuk memakai BitTorrent Sync, tidak dibutuhkan koneksi Internet, jadi BitTorrent Sync hanya membutuhkan jaringan lokal (LAN) saja. BitTorrent Sync dapat sinkronisasi file apapun tanpa ada batas ukuran.

Untuk berbagi file menggunakan BitTorrent Sync membutuhkan secret key yang terhubung ke folder yang dishare. Secret key tersebutlah yang dibagikan ke device lain yg di ijinkan utk mengakses/sinkronisasi folder yg di share.

Berikut cara menggunakan BitTorrent Sync untuk sinkronisasi file dari laptop ke device android,

1. Download BitTorrent Sync untuk berbagai platform di sini

2. Install ke Komputer, di awal pilih Standard Setup

3. Pilih folder yang akan disinkronisasi, kemudian akan di berikan secret key untuk sinkronisasi folder tersebut. Abaikan key tersebut dan klik next.

4. Selanjutnya proses otentikasi device

5. Setelah itu, masuk di aplikasi BitTorrent Sync, klik kanan folder yang ingin di sinkronisasi dan pilih Connect mobile device

6. Maka akan keluar QR Code, scan QR Code tersebut dari aplikasi BitTorrent Sync yg ada di Android

7. Aplikasi BitTorrent Sync yg di Android akan langsung mendeteksi QR Code tsb dan langsung memasukkannya ke dalam daftar folder sinkronisasi 

8. Jadi setiap perubahan yang terjadi di folder tersebut, akan langsung tersinkronisasi ke smartphone Android.

Info lebih lanjut silahkan berkunjung ke http://www.bittorrent.com/sync/get-started

Cara di atas dapat di lakukan untuk device yg lainnya, misalnya mau sinkronisasi dari PC ke PC, Mac, Linux, iOS, atau sebaliknya.

Sori tidak di sertai gbr, krn sedang menghemat space, maklum masih pake WP Gratis.. 🙂

Semoga bermanfaat..

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: