Beranda > Beranda, Berita Teknologi, Software, Windows > Lakukan hal ini jika masih menggunakan Windows XP di Perusahaan

Lakukan hal ini jika masih menggunakan Windows XP di Perusahaan

xp support ands

Masa support Windows XP akan segera berakhir. Setelah masa support tersebut berakhir, maka tidak akan ada lagi patch, bug fix, dan update yang dirilis untuk Windows XP. Oleh sebab itu, bagi perusahaan yg masih menggunakan windows xp supaya waspada terhadap para attacker yg mengincar celah keamanan windows xp. untuk meminimalisir serangan dan meningkatkan keamanan terhadap windows xp yg di gunakan, lakukan 8 hal barikut ini. 

1. Batasi Konektivitas Network Seminimal Mungkin

Melindungi Windows XP akan jauh lebih mudah jika sistem lain tidak terhubung dengannya. Konektivitas network (termasuk internet) merupakan salah satu sumber dari serangan maupun eksploit, dan membatasi konektivitas tersebut seminimal mungkin sesuai kebutuhan akan membuat Windows XP menjadi lebih aman dan terisolasi.

2. Gunakan Intrusion Prevention System

Intrusion prevention systems (IPS) atau yang disebut juga Intrusion detection and prevention systems (IDPS) adalah sistem keamanan network yang akan memonitor aktivitas di sebuah network dan mengamankannya dari aktivitas-aktivitas yang mencurigakan. Jika IPS mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan, misalnya saja upaya seseorang untuk menjalankan code tertentu secara remote, maka IPS akan memblokir aktivitas tersebut dan menuliskan reportnya. Penggunaan IPS ini sangat disarankan di setiap perusahaan untuk mengamankan jaringan sistem, apalagi jika Windows XP menjadi mayoritas OS yang digunakan di perusahaan tersebut. Pastikan juga vendor IPS yang digunakan tetap up to date dengan jenis-jenis serangan baru di Windows XP.

3. Hilangkan Privilege Admin

Di akun yang digunakan untuk bekerja, sebaiknya menggunakan akun standar yang tidak memiliki privilege sebagai administrator. Gunakan akun yang memiliki privilege admin hanya untuk menginstall software dan aplikasi saja, selebihnya untuk beraktivitas gunakan akun standar.

4. Pastikan Software Tetap Up To Date

Meskipun support Windows XP sudah dihentikan, tetapi pastikan software yang digunakan tetap up to date. Menjaga software tetap up to date akan membuat celah serangan dan eksploit semakin kecil. 

5. Gunakan Antivirus Yang Support Windows Xp

Untuk memastikan Windows XP di perusahaan kamu terlindung dari virus dan malware, pastikan kamu menggunakan antivirus yang masih support Windows XP. Pastikan kamu juga rutin dalam melakukan update database antivirusnya.

6. Terus Perhatikan Microsoft

Microsoft memang tidak akan lagi mempublikasikan celah keamanan Windows XP seperti ketika masa support OS tersebut masih ada. Tetapi kamu bisa terus memperhatikan celah keamanan Windows Server 2003 yang dipublikasikan oleh Microsoft. Celah keamanan di OS tersebut kemungkinan juga akan berpengaruh ke Windows XP.

7. Ikuti Perkembangan Seputar Windows Xp

Meskipun Microsoft sudah tidak lagi merilis informasi security dan celah keamanan Windows XP, tetapi kamu bisa terus mengikuti berbagai info dan obrolan di komunitas security pihak ketiga. Komunitas dan firma security pihak ketiga kemungkinan besar akan tetap tertarik untuk meneliti berbagai celah keamanan di Windows XP serta menawarkan berbagai solusi.

8. Lakukan Analisa Untung/Rugi

Berbagai langkah untuk menjaga security Windows XP diatas pastinya membutuhkan biaya dan upaya ekstra. Untuk itu sebaiknya kamu mulai melakukan analisa untung/rugi untuk memperhitungkan apakah tetap bertahan menggunakan Windows XP adalah pilihan yang tepat. Jika memang hal itu dianggap tidak efektif baik secara produktivitas maupun finansial, maka sebaiknya kamu mengambil langkah tepat dengan melakukan upgrade.

Sumber : http://www.winpoin.com

  1. 14/04 pukul 17:13

    Nyimak

  2. 16/04 pukul 15:37

    salam lemper😀
    mampir dan follow blog aku ya

    • 16/04 pukul 15:40

      salam lemper kembali…

      sudah ane follow gan..

      • 16/04 pukul 15:42

        hehe.. thanks godang gan😀

      • 16/04 pukul 15:52

        mauliate..🙂

      • 16/04 pukul 15:52

        hehe.. cma cma😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: