Beranda > Beranda, Kuliner, Wisata > Jenis dan Macam Racikan Kopi

Jenis dan Macam Racikan Kopi

Sebagai penggemar Kopi ada baiknya kita tau bernagai macam racikan kopi. Berikut jenis dan macam racikan kopi yg ada di pasaran saat ini,

KOPI JOSS

 

Minuman ini sudah tidak asing bagi masyarakat Yogyakarta, pernah tinggal di Yogyakarta dan tentu saja bagi orang-orang yang pernah menikmati. Kopi Jos ini memang termasuk jenis minuman yang mudah ditemui. Hampir setiap tempat makan menyediakan kopi jenis ini di jogja. Namun hanya di Yogyakarta kita dapat menemui Kopi Joss. Segelas kopi panas yang dimasukkan arang dengan bara api. Dapat ditemui di angkringan daerah stasiun tugu. Di tempat tersebut banyak pilihan angkringan yang menyediakan kopi Jos dengan keunggulan masing-masing angkringan

KOPI KOTHOK

kopi tumbuk tradisional, direbus bersama air dan gula dalam rantang atau gerabah, sensasinya tak kalah hebohnya dng kopi racikan angkringan top manapun

KOPI LUWAK

Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.dan kopi ini paling mahal didunia.

ESPRESSO

Espresso dibuat dengan mesin brewing khusus. Bijih kopi diletakkan di dalam mesin kemudian air dialirkan dengan tekanan sangat tinggi. Akibatnya ekstrak kopi turut keluar bersama air. Hasilnya keluar dari lubang kecil pada bagian bawah mesin tersebut. Seluruh bijih kopi yang tersisa di dalam mesin harus dibuang dan diganti dengan yang baru jika ingin membuat kopi yang berikutnya.

CAPPUCCINO

Cappuccino merupakan resep yang sangat populer. Kopi ini punya tiga komposisi utama : espresso, susu (steamed milk), dan foam. Cappuccino merupakan salah satu jenis hidangan kopi paling populer di dunia yang mempunyai ciri khas adanya foam setebal kurang lebih 2 cm pada bagian permukaan. Menurut Wikipedia, kopi ini adalah jenis yang paling sulit dihidangkan dengan benar.

MACCHIATO

Macchiato adalah espresso ditambah sangat sedikit susu yang tidak diaduk namun terkesan seperti ‘diendapkan’ di bagian atas espresso agar melapisinya (karena jumlahnya yang sedikit). Berbeda dengan cappuccino yang memang merupakan campuran espresso dan susu, pada macchiato susu berfungsi untuk melapisi espresso dari udara terbuka dengan takaran tipis.

CAFE LATTE

Caffè Latte ditemukan bukan di Italia, adalah resep kopi yang populer di Amerika. Latte berasal dari bahasa Italia yang artinya susu. Jadi andai anda memesan latte di kafe-kafe Italia, anda akan mendapatkan segelas susu. Caffè latte (untuk membedakan dengan susu murni), terdiri atas sepertiga espresso dan dua per tiga susu, ditambah sedikit foam setebal 5-10 mm di atasnya.

LONG BLACK

Long Black populer di Australia. Kopi ini adalah ‘espresso encer’, yang dibuat dengan cara menuangkan espresso di atas air panas. Air panasnya dulu, baru espresso. Urutan tersebut dimaksudkan supaya tidak merusak crema yang terdapat pada espresso. Hidangan kopi model ini banyak menggunakan bahan bijih kopi yang berasal dari Ethiopia (Arabica) dan Sumatera.

FRAPPUCCINO

Diciptakan oleh Coffee Connection di Boston, hak cipta frappuccino ini kemudian dibeli oleh Starbucks. Istilah frappuccino berasal dari kombinasi frappe dan cappuccino. Frappe merupakan istilah untuk milk shake yang kental.

KOPI TUBRUK

kopi ditumbuk secara tradisional (masih banyak butiran2 kasarnya) disedu,trus lansung diminum saat maseh panas, butiran2 kasarnya agak digigit dan diisap2, itulah nikmatnya tubrukan butiran kasar

FLAT WHITE

Tipe Kopi ini berasal dari Australia dan New Zealand Disajikan dengan ditambahkan steamed milk di bagian bawah pitcher ke single atau double espresso. Mirip dengan Latte.

LIQUEUR COFFEE

Kopi yang diberi tambahan 25 ml Liquor Disajikan di gelas/cup khusus liqueur coffee yang bening, dengan kopi dan bahan tambahan yang dipisahkan agar terlihat menarik. Sebelum dituangkan, liquor dicampur dengan gula dan dituang sebelum kopi. Serta ditambahkan whipped cream diatasnya.

CAFE AMERICANO 

Espresso dengan lebih banyak air, sehingga rasa kopinya tidak begitu kuat. American –style coffee atau Americano, disajikan dalam gelas besar.

CAFÉ MOCHA

Nama lain Mochacinno Dibuat dari espresso dan coklat panas(harus sangat kuat dan pekat), kemudian diberi susu panas berbuih. Di atasnya ditambah bubuk coklat, kayu manis dan whipped cream.

CAFE MAROCCHINO

Espresso dengan sedikit susu panas dan coklat bubuk.

GRANITA DI CAFFE CON PANNA

Mirip dengan Macchiato Merupakan jenis minuman kopi dingin es salju dengan whipped cream diatasnya.

HAMMERHEAD COFFEE

Hammerhead berisi espresso dalam takaran cangkir regular, yang kemudian diisi beberapa tetes kopi. Peracik kopi biasa menyebutnya “tembakan dalam gelap”.

FRAPPE

Biasanya, kopi ini disajikan dingin. Untuk membuatnya, kopi, gula, air, dan es disajikan dengan takaran satu hingga dua sendok teh. Minuman ini sering kali ditempatkan ke dalam gelas panjang dengan diberi es batu dan susu.

IRISH COFFEE

Kopi Hitam yang dicampur dengan whiskey

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: