Beranda > Beranda, Hardware, Tips dan Trik > Cara Agar Laptop Tidak Kepanasan atau Overheat

Cara Agar Laptop Tidak Kepanasan atau Overheat

Akhir akhir ini di forum2 dunia maya banyak yang menanyakan tentang laptop yang sering mengalami panas yang berlebih atau overheat. hal ini bisa di sebabkan banyak faktor, misalnya saja tertutupnya lubang sirkulasi udara, banyaknya aplikasi yang terbuka, banyak perangkat yg terhubung ke lubang USB, SO dan Software yg di gunakan tidak cocok dengan spesifikasi minimum laptop, menggunakan laptop di atas kasur dan masih banyak lg.

jika overheating terjadi terus menerus dan tidak segera di tangani, maka bisa di pastikan dapat menyebabkan kerusakan hardware dan umur laptop tidak akan lama.

Nah, sekarang bagaimana caranya supaya laptop tidak mengalami panas berlebih atau overheating? berikut tipsnya..

1. Gunakanlah laptop pada bidang yang datar dan padat. misalnya saja di atas lantai keramik dan di atas meja. saran saya jika di rumah letakkan saja laptop di atas lantai keramik, di jamin laptop akan dingin karena panas akan di serap oleh lantai.

2. Hindari menggunakan laptop di letakkan atas kasur dan di pangku di paha, karena kasur dapat menutup lubang sirkulasi laptop, kebanyakan laptop memiliki lubang sirkulasi udara berada di sampin dan bawah case laptop. dan jika di pangku di paha, maka laptop akan goyang2 dan tidak stabil dan lubang udara dapat tertutup.

3. Jangan membuka program aplikasi banyak2, bukalah aplikasi yg di perlukan saja. jika sudah selesai segera tutup aplikasinya, karena semakin banyak aplikasi yg di buka maka processor dan memori akan bekerja extra dan hal ini dapat menyebabkan panas. tetapi jika laptop kita memiliki spek yg tinggi mungkin hal ini tidak jd masalah. yg jadi masalah adalah laptop dengan spek minim di buat bekerja multitasking yg berat, misalnya membuka aplikasi design grafis yg membutuhkan spek laptop yg tinggi.

4. Jangan menggunaka system operasi dan Software aplikasi yg cocok dengan spesifikasi laptop kita. sebelum menguinstal SO dan aplikasi lihat dulu spek minimum yg di butuhkan software tersebut. misalnya jika memiliki RAM >4gB gunakan saja SO 64 bit, tetapi jika RAM nya <2GB gunakan saja SO 32bit. begitu juga dengan aplikasi, jangan installah aplikasi yg benar2 di butuhkan dan uninstal aplikasi yg jarang di gunakan. untuk meminimalisir instalasi aplikasi yg banyak, gunakan saja aplikasi portable. Anda bisa download aplikasi portable di portableapps.com 

5.  Jangan menghubungkan banyak perangkat ke port USB, sebenarnya hal ini jarang terjadi, tapi jika semua port USB banyak tersambung perangkat seperti HD external, flasdisk, kabel data handphone dll maka dapat menyebabkan overheat.

6. Jangan lupa selalu rutin membersihkan laptop dari kotoran atau debu, terutama kotoran yg ad di area sirkulasi udara di bawah laptop. semprot saja menggunakan kompreso, tetpi harus di perhatikan dan hati2 jangan menyemprot dengan tekanan udara yg tinggi. untuk meminimalisir tekanan udara dan menghindari ada partikel yg masuk, gunakan kain sebagai penyaring udara.

Demikina tips singkat dari saya. Semoga bermanfaat.. 🙂

Iklan
  1. 02/05 pukul 09:01

    sip ajib 😀

  2. 06/05 pukul 09:09

    pake heat sink dan aku tambahi kipas angin juga dari atas

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: