Beranda > Berita Teknologi > Tips Memilih Smartphone atau PDA Phone

Tips Memilih Smartphone atau PDA Phone

BlackBerry, HTC, Dopod atau iPhone merupakan beberapa merksmartphone dan PDA phone yang beredar dan menjadi trend belakangan ini. Demam BlackBerry belakangan ini membuat banyak orang berlomba-lomba ingin memiliki teknologi terbaru dari telepon cerdas atau smartphone tersebut. Namun apakah memang Anda benar-benar membutuhkan telepon dengan fasilitas yang canggih tersebut? Bagaimana tips memilih smartphoneyang tepat?

Berbagai produsen smartphone dan PDA phone berlomba-lomba untuk memasarkan produk mereka. Ada yang bekerja sama dengan operator selular untuk membuat jaringan ekslusif agar dapat melakukan chat dan berkirim e-mail dengan mudah. Ada juga yang menanamkan berbagai teknologi terkini seperti 3.5G agar dapat mengakses data di Internet ataupun berkirim e-mail dengan kecepatan tinggi. Beberapa produsen menanamkan fungsi Global Positioning Satellite atau GPSyang diintegrasikan dengan peta dalam produk mereka sehingga membuat orang tidak dapat tersesat di manapun mereka berada.

Pada dasarnya smartphone atau PDA phone merupakan suatu alat komunikasi atau telepon selular yang dilengkapi dengan organizer digital. Perangkat ini dapat juga berfungsi sebagai data organizer, e-mail client, web browser, pemutar musik, pemutar film, kamera digital, GPS, menyunting dokumen, dan fungsi lainnya.

Apa Perbedaan PDA phone dan Smartphone?

Sebenarnya keduanya hampir mirip. PDA phone yang merupakan singkatan dari Personal Digital Assistant Phone merupakan pengembangan dari PDA yang bisa juga digunakan sebagai telepon. PDA sendiri pada awalnya dibuat sebagai komputer mini yang berfungsi sebagai organizer digital dan mudah dibawa ke mana-mana. Namun dalam pengembangan selanjutnya, fungsi telepon ditambahkan dalam PDA sehingga dikenal dengan nama PDA phone.

Sebaliknya smartphone merupakan pengembangan dari telepon selular yang kemudian ditambahkan fitur dan fasilitas lainnya sehingga menjadi telepon yang cerdas dan disebut smartphone. Jika dibandingkan, hampir tidak ada perbedaan antara PDA phone dan smartphone.

Tips Memilih PDA phone atau Smartphone 

Berikut ini beberapa tips dan saran sebelum Anda memutuskan untuk mengganti telepon selular Anda dengan smartphone atau PDA phone.

  • Jaringan seluler

    Jika Anda sering berpergian ke luar negeri maupun ke luar kota, pilihlahsmartphone dengan jaringan GSM dan bukan CDMA. Karena di luar negeri, Anda dapat membeli kartu prabayar untuk dipasang di smartphone Anda. Anda pun juga bisa menggunakan jaringan roaming dari operator selular Anda. Namun jika Anda lebih banyak di dalam negeri, Anda bisa gunakan jaringan alternatif lainnya seperti CDMA.

  • Sistem Operasi (Operating System)

    Saat ini tersedia berbagai sistem operasi (operating system) untuk smartphone. Beberapa di antaranya yaitu Symbian, Windows Mobile, Android, Linux, Palm OS, dan BlackBerry. Masing-masing memiliki keunggulan dan fungsi-fungsi khusus. Periksalah dengan cermat fungsi-fungsi mana saja yang paling cocok dan paling sering Anda gunakan. Hampir semua sistem operasi bisa melakukan fungsi dasar seperti telepon, e-mail, web, dan SMS/MMS. Namun ada beberapa yang spesifik, misalnya BlackBerry yang mampu melakukan koneksi ke server e-mail dan server chat khusus milik BlackBerry. Jika Anda sering menggunakan produk Microsoft seperti Windows dan Microsoft Office, maka Anda dapat memilih perangkat dengan sistem operasi Windows Mobile supaya Anda lebih terbiasa menggunakannya.

  • Kecepatan Data (Download Speed)

    Kecepatan data juga dapat menjadi pertimbangan khusus bagi Anda yang sering mengambil data di Internet maupun berkirim data via e-mail. Beberapasmartphone menawarkan kecepatan data 3G hingga HSDPA (High Speed Downlink Package Access) atau 3.5G yang kecepatannya mencapai 7 kali kecepatan 3G. Di jaringan CDMA juga dikenal dengan EV-DO. Jika Anda berlangganan paket time based, maka semakin tinggi kecepatan data, semakin murah tagihan pulsa Anda karena waktu download yang lebih cepat. Kecepatan data dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi yaitu (pada jaringan GSM): GPRS, EDGE, 3G, 3.5G (HSDPA).

  • Fungsi WiFi

    Jika Anda sering berada di daerah yang menyediakan hotspot gratis, maka pertimbangkan membeli smartphone yang memiliki fasilitas WiFi. Dengan fasilitas ini, Anda dapat melakukan koneksi ke Internet tanpa membebani tagihan pulsa Anda. Fungsi ini tidak disarankan untuk smartphone mengingat sudah banyak jaringan seluler yang menawarkan kecepatan Internet broadband seperti 3.5G dan EV-DO.

  • Keypad QWERTY

    Beberapa smartphone telah dilengkapi dengan keypad QWERTY yaitu keypad yang susunan hurufnya mirip dengan susunan huruf pada keyboard komputer atau laptop Anda. Fasilitas ini memang mempermudah pengguna untuk mengetik padasmartphone dibanding menggunakan keypad numerik atau angka. Jika Anda sering mengetik, maka Anda cocok menggunakan keypad QWERTY. Namun jika Anda hanya sekadar menelpon, membaca e-mail dan browsing, keypad numerik atau angka masih cocok untuk Anda.

  • Konektifitas (Connectivity)

    Pastikan Anda dapat memindahkan data yang ada di smartphone ke media atau perangkat lainnya dengan mudah. Misalnya Anda telah mengambil gambar ataupotret yang cukup banyak dalam smartphone milik Anda, lalu ingin memindahkan ke komputer atau laptop Anda atau mencetak ke printer. Tentu Anda memerlukan penghubung ke perangkat lain tersebut seperti kabel data, USB ataupun melalui Bluetooth. Karena itu pastikan bahwa salah satu atau lebih fasilitas koneksi ke perangkat lain tersedia di smartphone yang akan Anda beli.

  • Memory

    Periksa apakah jumlah internal memory yang tersedia mencukup untuk kebutuhan data Anda. Jika Anda merasa kurang, periksa juga apakah smartphone tersebut memiliki slot untuk external memory untuk menampung data-data Anda.

  • Layar (Display)

    Jika Anda sering mengerjakan dokumen di smartphone Anda, maka pilihlah ukuran layar (display) yang besar. Layar yang lebih besar membuat Anda lebih mudah dan nyaman dalam mengolah dan mengerjakan dokumen Anda. Namun yang patut diingat adalah ukuran layar yang besar pasti akan membuat batere perangkat tersebut lebih cepat habis. Selain itu pertimbangkan juga kedalaman warna yang ditampilkan. Semakin besar kedalaman warna, maka gambar yang ditampilkan akan semakin indah.

  • Aplikasi

    Anda dapat juga memeriksa aplikasi (software) apa saja yang terdapat dalamsmartphone tersebut. Jika Anda sering mengolah dokumen, apakah sudah ada aplikasi perkantoran di dalamnya (office suite) seperti pengolah kata, spreadsheetmaupun aplikasi lainnya. Atau jika Anda senang mendengar musik atau menonton film, apakah sudah tersedia aplikasi entertainment yang baik di dalamnya.

  • Koneksi Perusahaan (Corporate Connection)

    Jika Anda sedang ditugaskan untuk menyediakan smartphone untuk karyawan di perusahaan Anda maka pertimbangkan smartphone yang dapat terintegrasi dengan sistem di perusahaan Anda. BlackBerry banyak digunakan untuk karyawan perusahaan karena kompabilitasnya untuk terintegrasi dengan sistem e-mail dan server di dalam perusahaan.

  • Layanan Purna Jual

    Pastikan Anda membeli smartphone melalui distributor yang memiliki layanan purna jual yang jelas. Karena banyaknya fitur pada sebuah smartphone, tentu Anda membutuhkan dukungan purna jual yang baik seperti garansi, training product,update software dan perbaikan.

  • Pastikan Lagi

    Pastikan lagi sebelum memutuskan membeli produk smartphonedengan mengajukan pertanyaan berikut pada diri sendiri:

    • Apakah perangkat tersebut nyaman dipegang?
    • Apakah tampilan layar cukup terlihat jelas?
    • Apakah harga perangkat tersebut masih masuk akal untuk saya?
    • Apakah tombol dan keypad mudah digunakan?

Smartphone atau PDA phone bukanlah barang yang murah. Karena itu, saat ingin membeli perangkat tersebut, Anda harus memilih dengan cermat sesuai dengan yang Anda butuhkan. Jika kebutuhan utama Anda untuk mendengar musik, menonton film, atau bermain games, maka sebaiknya Anda cukup membeliHP dengan fungsi entertainment. Namun jika Anda sering menggunakan Internet, bekerja dengan berbagai dokumen, membutuhkan pengatur jadwal dan organizer, maka sebaiknya Anda memilih produksmartphone atau PDA phone. Sebuah smartphone dapat melakukan banyak hal untuk mempermudah hidup Anda.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: