Tips membeli tiket pesawat online

Pembelian tiket pesawat saat ini sudah sangat mudah dilakukan, karena setiap maskapai sudah menyediakan penjualan tiket secara online dan selain itu saat ini banyak situs Online Travel Agent (OTA) misalnya traveloka.com, tiket.com dll. setiap situs ini mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri2.

Sebelum membeli tiket pesawat online, ada beberapa hal yang harus di perhatikan dan kita ketahui, misalnya,

1. Which Flight ?

Bandingkan harga beberapa airline di situs online travel agent, karena setiap situs harga yang di tawarkan bisa berbeda beda.

2. Refundable ?

Perhatikan fasilitas refund dari setiap airline, hal ini berguna jika nantinya penerbangan mengalami perubahan rencana. Karena ada beberapa jenis tiket airline yang tidak bisa refund.

3. Transparent Price ?

Pastikan harga yang tertera transparan dan tidak ada hidden fee, bisa saja jika kita tidak teliti maka akan ada biaya tambahan yang kita tidak ketahui, misal asuransi, biaya bagasi, dll.

4. Accurate Personal Data ?

Isi data dengan benar dan akurat, terutama alamat email dan nama penumpang (sesuai denga kartu identitas), karena e-tiket biasanya akan di kirimkan ke alamat email. dan biasanya di beberapa bandara, pada saat cek in, petugas akan meminta kartu pengenal seperti KTP atau SIM untuk memerikasa kecocokan nama penumpang dengan nama yg tertera di e-tiket. selain itu untuk melakukan perubahan nama di e-tiket akan di kenakan biaya oleh maskapai.

5. Which Payment Method ?

Pilih metode pembayaran yg disediakan, dan cek apakah ada diskon promo dari metode yang kita pilih. biasanya jika menggunakan kartu kredit tertentu akan mendapat potongan harga dan ada yang mendapat voucher.

6. When to Pay ?

Lakukan pembayaran selama waktu yang diberikan. biasanya waktu yang di berikan untuk membayar selama 2 – 4 jam, jika menggunakan traveloka.com, kita akan diberi waktu 4 jam untuk melakukan pembayaran.

Sumber : Traveloka.com

3 pemikiran pada “Tips membeli tiket pesawat online

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.