5 Freeware Recovery Data Terbaik

Data atau file kita yang kita simpan di komputer bisa saja hilang begitu saja, bisa di sebabkan oleh virus, kerusakan hardware atau tidak sengaja terhapus dll. jika yang hilang itu bukan data penting memang tidak masalah, tetapi bagaimana jika data itu adalah data penting, misalnya laporan pekerjaan, skripsi, dll.

Klo data kita hilang, jangan langsung panik dl, mash banyak cara untuk mengembalikannya. ada pepatah mengatakan banyak jalan menuju ROMA.. Open-mouthed smile begitu juga dengan data di komputer, jika terhapus masih ada jalan untuk mengembalikannya. salah satu caranya ya pake aja salah satu software berikut ini..

1. RECUVA

RECUVA

Recuva menyediakan 2 metode untuk pemulihan data yaitu Wizard dan Advanced.

pada mode Wizard kita akan di tuntun langkah demi langkah dalam mencari file yg hilang. metode ini cocok jika kita tidak yakin di mana file yg hilang itu dulunya tersimpan serta kapan file tsb terhapus.

sedangkan pada Advanced Mode, kita di minta untuk mengoperasikan secara manual, misalnya menentukan folder yg akan di scan untuk mencari file yg terhapus.

beberapa fitur Recuva :

    • mampu mengambil file yg terformat bahkan yg rusak
    • memulihkan email yg terhapus
    • memulihkan file musik di iPod
    • menyediakan preview terhadap file yg berhasil di temukan, khususnya file gambar
    • memulihkan document microsoft word crash atau komputer tiba-tiba mati.

salah satu fitur yg bertolak belakang dengan fungsi utama Recuva adalah menghapus file sampai benar-benar hilang. (sangat bermanfaat jika kita mau menjual komputer kita dan ingin data2 kita tidak bisa di kembalikan lg)

Recuva hanya tersedia pd platform Windows (7, vista, xp, dan 2000).

Download Recuva di sini.

2. NTFS UNDELETE

NTFS UNDELETE

Dari namanya saja sudah dapat di tebak bahwa software ini hanya khusus memulihkan file terhapus dan hanya untuk file system NTFS. kelebihannya adalah ringan dan lebih cepat.

Download NTFS Undelete di sini

3. TESTDISK

TestDisk

TestDisk di lihat dari segi GUI memang kurang menarik, software ini berbasis CLI (Command Line Interface) atau perintah baris.

TestDisk mampu memulihkan file dari berbagai macam format partisi, diantaranya FAT 12/16/32, NTFS dan ext2/3/4.

TestDisk dapat di jalankan pd system operasi DOS, Windows NT4, 2000, XP, 2003, Vista, 2008, Windows 7 (x86 & x64), Linux, FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, SunOS, Mac OS X.

Download TestDisk disini

4. PANDORA RECOVERY

PANDORA RECOVERY

Pandora Recovery adalah saingan dari Recuva. sama-sama hanya tersedia di platform Windows. kekurangan Pandora dari recuva adalahtidak bisa memulihkan file Microsoft Word yg belum tersimpan dan file iPod. selain itu Pandora tidak bisa menghapus permanen.

Download Pandora Recovery disini

5. FOREMOST

Foremost dulunya di kembangkan oleh United states air force office of special investigations, badan penyelidikan khusus di angkatan udara Amerika Serikat. dan sekarang sudah pengembangannya sudah di serahkan ke publik dan di kembangkan melalui SourceForge ( http://foremost.sourceforge.net/ )

Foremost tersedia untuk platform linux dalam bentuk perintah text.

Download disini

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.