Netbook Advan Restart Terus

netbook advan p1n 46125

Kejadian ini terjadi pada netbook Advan (Vanbook P1N-46125) dengan system operasi Windows XP seorang teman, Netbooknya lama tidak di pakai sekitar lebih kurang 2 bulan. karena sudah lama tidak di pakai, Battery netbook pun drop. dan efek lainnya Battery CMOS juga drop / habis. Alhasil jika laptop dinyalakan maka akan selalu restart pada saat akan masuk Windows XP.

Kenapa hal itu bisa terjadi???

Jika terjadi demikian, sebenarnya tidak ada yg rusak pada netbook tersebut. hal ini di karenakan settingan Bios kembali ke setingan awal/default (karena baterai CMOS habis). Kunci masalahnya ada pada setingan SATA controller di BIOS, ubah saja setingannya dari AHCI menjadi IDE atau Compability atau di Disable saja (tergantung menu dan istilah yang digunakan pada BIOS laptop/netbook bersangkutan).

Untuk mengubah setingan SATA AHCI pada Vanbook P1N-46125 caranya adalah :

  1. masuk ke BIOS (tekan tombol F2 saat netbook br di nyalakan)
  2. masuk ke Tab Advancad
  3. pada bagian SATA AHCI Enable pilih Disabled
  4. masuk ke Tab Exit
  5. Exit Saving Changes

Setelah setingan SATA Controller di Bios di disable, maka Netbook Advan tersebut akan normal kembali, tetapi karena Battery CMOS sudah drop, maka Netbook jangan sampai kehabisan daya Battery nya, jika Battery utama habis dan laptop mati, maka settingan Bios akan kembali default lg dan setingan SATA Controller harus di set disable lg.

Defaultnya Windows XP tidak memiliki driver bawaan untuk SATA AHCI. jika tidak mau repot2 dengan urusan SATA ini sebaiknya install saja Windows 7 di laptop/netbook Anda. Jika memakai Windows 7, hal ini tidak akan terjadi.

5 pemikiran pada “Netbook Advan Restart Terus

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.