Hati – Hati membeli kabel converter HDMI to VGA

Sebelum membeli kabel converter HDMI to VGA, sebaiknya di tanyakan dl ke penjualnya apakah kabel converter tersebut kabel Converter PASIF atau AKTIF.

Karena saya awam masalah kabel converter dan saya kira semua kabel converter itu sama saja, ternyata setelah saya beli yg tentunya milih yg murah, dan setelah di coba untuk menghubungkan antara laptop dan proyektor hasilnya nihil (tak ada output apa2). dari pada bingung2 saya pun nanya ama om google, dan nemu penjelasan singkat masalah converter pasif dan aktif, berikut saya tulis hasil penelusuran saya..

Kabel Converter itu ada 2 jenis :

  1. Converter PASIF
  2. Converter AKTIF

berikut penjelassannya :

Converter PASSIVE tidak mempunyai sirkuit elektronik di dalam kabel, Sirkuit elektronik di dalam kabel berfungsi untuk mengolah sinyal atau mengkonversi sinyal digital HDMI menjadi sinyal analog VGA atau sebaliknya.

Kabel converter Pasf belum bisa untuk mengkonversi sinyal HDMI to VGA atau VGA to HDMI, karena pasif (tidak bekerja), Disebut tidak bekerja karena tidak ada sirkuit elektronik di dalam kabel untuk mengolah dan bekerja mengkonversi sinyal.

Converter Active adalah kebalikan dr Passive, :-!  biar lebih jelas bisa di baca di google aja.. 😀

Harga :

klo converter pasif berkisar antara Rp.70.000 – Rp.100.000 (tergantung panjang kabelnya)

klo converter aktif di kisaran hrg > Rp.300.000

dari segi harga saja kita sudah bsa membedakan antara pasif dan aktif, krn menurut saya yg aktif pasti lebih mahal dr yg pasif.

Gambar :

converter pasif

converter Aktif

56 pemikiran pada “Hati – Hati membeli kabel converter HDMI to VGA

  1. saya udh beli converter aktif Qo tetep ga bisa yah?
    Kronologis nya:
    PC tidak ada HDMI
    TV tidak ada VGA
    saya coba beli converter vga to hdmi untuk di pasang di TV disambung VGA to VGA dari PC.. tetep ga muncul apa2..
    kira2 kenapa yah?

    • apa kedua kabel yg di beli itu aktif semua atau ada yg pasif?
      menurut saya lebih baik beli beli converter yg bentuk box (ada power tersendiri) jgn yg bentuk kabel..

      PC to TV

      PC to TV

  2. bener gan….
    ane pernah beli vga to hdmi juga kagak berfungsi.
    lalu ane balikin lagi ke toko penjual. eh…. karena tidak ada stok, akhirnya uang dikembalikan… heheheh…

    ane juga survey ke toko asesoris komputer dan tanya ke teknisinya terkait kabel vga to hdmi. katanya dia juga pernah ngecek dari 15 unit kabel yang dia cek, ternyata hanya ada 1 unit yang berfungsi. parah gan…

    saran ane, mending beli kabel vga to hdmi yang ada powernya. seperti yang ada di gambar di atas tuh… mahal dikit sih..

  3. saya pernah mau beli kabel hdmi to vga ke 5 toko kelima-limanya saya coba ternyata TIDAK ADA yang bisa digunakan, untung ketika mau beli saya bawa proektor sendiri jadi langsung dicoba di tempat, akhrnya saya ga jadi beli….

  4. smuanya sama ap yg diceritakan kawan – kawan rekan yg lainnya jd gini gan sy sudah ada kabel yg converter pasif ,, terus beli allat tuh yg 300 rb_an berfungsi ga gan ??? brapa persen kira kira ???

    • alat apa yg 300rb gan?
      saran saya beli saja kabel converter aktif seperti gbr di post saya, di jamin bisa gan krn ane pake model kabel itu, hrg nya berkisar 300rb an..

  5. yang penting kan kita tahu perbedaanya VGA dan HDMI trletak pada jenis output VGA (analog signal) sedangkan HDMi udah digital , saran saya sih mending beli VGA card langsung (cari vga yang ada konektor HDMI + VGA atau Dsub + DVI) . nah kalo VGA kan udah jelas bakalan multi fungsi untuk kedepannya , jadi daripada ribet beli konverter mending tinggal nambah VGA external aja gan . dijamin mantaaabh !!! 🙂

  6. Ping balik: hati – hati membeli kabel hdmi to vga « sekedar berbagi

  7. kalo untuk seri laptop lenovo s120 baiknya pakai apa ya teman, saya baru beli teryata tempat untuk kabel infokus tidak bisa langsung jadi butuh penyambung. terimakasih

  8. Converter pasif bisa dipakai dari source HDMI laptop ke VGA monitor PC atau proyektor

  9. fungsinya ya buat extend (penyambung) dari yang aktif bro…, biar panjang gitu, nah itu dia fungsinya, jadi semestinya toko komputer tau soal itu, jadi pembeli jg tidak di rugikan karena ketidaktahuan yang akhirnya barang cuma jadi bangkai doang

  10. Kami ada jual yg 400 ribuan utk VGA to HDMI box. Sementara ini masih belum ada keluhan. Bila ada yg berminat hubungi kami di 6123267 harco mangga dua. Tq

  11. Om saya beli kabel hdmi ke vga kalau dipakai hanya bisa menyala kira2 semenit,sudah itu putus. Kalau dicabut lalu dipasang lagi bisa nyala kira2 semenit. Kira-kira penyebabnya apa ya ?. Terimakasih.

  12. Saya pernah beli HDMI to VGA, harga 150 rb. Buat nyambungin dari receiver ke monitor LCD. Pake berjam jam tetap Joss. Berarti sekarang udah murah ya…

  13. misi agan agan mau nanyak ,, aku masi belum ngerti jgk 😀
    gimana ya cara nya nyambung tv Led sony bravia ke komputer biar bisa liat youtube ,,
    trims ya info nya ,,

  14. gan mau tanya..saya beli kabel hdmi to vga seharga Rp. 75.000 dr segi bentuk dan warna sama seperti gambar agan yang warna putih, tetapi ko laptop saya dell 3138 tidak dapat mengrimkan gambar ke lcd proyektor. mhon solusinya. thanks

  15. Pake aja converter usb to vga…hasil lebih bagus tdk tereduksi. Kalau pake hdmi ke vga kdg timbul masalah warna n resolusi menurun kualitasnya

  16. ane mau tanya bang,klo ane masalahnya klo laptopnya dicolok kabel hdmi gambarnya nongol tapi suaranya(audio) hilang,,,kira2 knp ya ?

    • coba cek default output soundnya om, biasanya klo nyolok kabel hdmi laptop ke TV, di soundnya nambah satu speaker TV, di pilih out soundnya ke tv saja.. *sesuai pengalama ane

  17. mau tanya nih, untuk di TV harus mengaktifkan hdmi nya dulu ga sih gan ? TV sharp ane input 1 (HDMI) kayak ke disable gitu.

    • ane di rumah pakai kabel hdmi to hdmi utk menghubungkan kom/laptop ke TV Led (LG), begitu colokke tv, tv nya langsung detek sendiri. klo gak detek, coba saja masuk setup tv nya trus ubah inputnya..

  18. Oh ternyata karena itu, kirain kabelnya rusak. itu kabelnya sama persis sama contoh gambar diatas. Ane pake kabel itu buat graphic card yang port hdmi ke led port vga, hasilnya blank “no signal detected”

    Sekalian tanya ajah, jadi kalo graphic card ada port hdmi, dvi nya, kalo mau dipake ke led vga port harus pake yang aktif berarti yah? bener gak gan?
    makasih infonya sangat membantu 🙂

  19. ane ada kabel VGA to HDMI yang aktif sama percis dengan difoto yang warna putih itu, laptop ane ga ada port HDMInya , di tv LG ga ada port VGA nya . tetap ga terkonek ke tv tuh gan , mohon penjelasannya dong , laptop ane tipe acer aspire 4732z

  20. mas mau nanya ini tolong ya. Dikantor saya punya TV, jadi supaya bisa konek ke laptop dia pakai kabel vga gitu. mungkin ada konverter lagi tapi gak keliatan soalnya dia di sembunyikan di dalam tanah atau tempat lain sama pembuat kantor ini. nah kondisinya, kalau kabel vga tadi di colok langsung ke laptop yang punya port vga sendiri, dia konek dan tampilannya bisa di salurkan(proyeksikan) ke tv. namun kalau dia pakai converter hdmi to vga, dia kedip kedip(atau mati hidup). kira kira kenapa ya mas? tolong dibantu ya.

  21. Sya udah bli 2 conventer g berfungsi smua, dri receiver (hdmi )ke motor pc ( dvi) apa krena conventer pasif itu…

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.