Cara Ganti ROM Android Lenovo S890 dengan ROM MIUI

ROM MIUI adalah salah satu custom ROM yang sangat populer diantara ROM Android lainnya. Tak hanya mendukung berbagai perangkat Android populer, MIUI sendiri mempunyai ponsel khusus yang ter-install MIUI secara default yang disebut Mi-Phone. Xiaomi Tech, perusahaan asal Cina yang mengembangkan MIUI baru-baru ini mengumumkan bahwa custom ROM mereka telah dipakai oleh 10 juta user di seluruh dunia. Baca lebih lengkap di sini

Menggunakan custom ROM memang ada plus minusnya, karena setiap ROM yg di custom hanya menyesuaikan pd merk dan spek HH tertentu saja, oleh sebab itu sebaiknya sebelum berganti ROM disarankan untuk mempelajarinya dl, apakah sesuai dng HH yg kita punya atau tidak. 🙂

Saya memakai Lenovo S890 dan setelah sekian lama mencari informasi di dunia maya tentang ROM yg cocok buat si lenovo S890. Akhirnya pilihan jatuh pada MIUI V5 DEV. JB 4.2.2 LIGHT EDITION [4.3.14]. ROM ini design nya sangat mirip sama IOS yg di pake iPhone. 🙂

Berikut langkah-langkah untuk mengganti/flashin ROM Lenovo S890

1. Download dl ROM MIUI_DEV.LIGHT-JB_422_4.3.14.zip nya disini

2. Copy file ROM yg sudah di download tadi ke SD-CARD HH

3. Restart HH dan masuk ke TWRP (pastikan sudah pake versi TWRP 2.5) jika blm faham cara masuk ke TWRP silahkan baca postingan Root Android Lenovo S890

4. Backup dl ROM aslinya (setelah backup kembali ke menu utama)

5. Pilih Wipe –> Advanced Wipe (pilih/centang semua kecuali SD Card dan SD Ext) –> Swipe to wipe (setelah itu kembali ke menu utama) lihat gbr di bawah ini

Ganti Rom Lenovo S890 (2)

Ganti Rom Lenovo S890 (3)

Ganti Rom Lenovo S890 (4)

Ganti Rom Lenovo S890 (5)

Proses Wipe

6. Pilih Install, kemudian pilih storage : SD Card –> lalu pilih file ROM MIUI_DEV.LIGHT-JB_422_4.3.14.zip yg sudah di copy td –> kemudian Swipe To Flash

Ganti Rom Lenovo S890 (6)

Ganti Rom Lenovo S890 (7)

Ganti Rom Lenovo S890 (8)

Ganti Rom Lenovo S890 (9)

Proses Instalasi

7. Setelah selesai Reboot System

Ganti Rom Lenovo S890 (10)

8. Lenovo S890 akan restart, kemudian ikuti langkah seperti gambar di bawah ini

Ganti Rom Lenovo S890 (11)

Ganti Rom Lenovo S890 (12)

Pilih bahasa dan klik Next

Ganti Rom Lenovo S890 (13)

Pilih model keyboard lalu klik NextGanti Rom Lenovo S890 (14)

Centang remember lalu klik allowGanti Rom Lenovo S890 (15)

Konek ke wifi, jika tidak ada wifi klik Skip this stepGanti Rom Lenovo S890 (16)

Klik Skip this step
Ganti Rom Lenovo S890 (17)

Klik Setup LaterGanti Rom Lenovo S890 (18)

Klik NextGanti Rom Lenovo S890 (19)

Klik NextGanti Rom Lenovo S890 (20)

Klik Start Using MIUIGanti Rom Lenovo S890 (21)

Lenovo S890 sekarang sudah siap di gunakan

Ganti Rom Lenovo S890 (22)

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber Inspirasi : Lenovo S890 Kaskus Community

Rom masakan chef Tonny Noviansyah 

51 pemikiran pada “Cara Ganti ROM Android Lenovo S890 dengan ROM MIUI

  1. udah semuanya min bahkan berkali” and advance wipe–>sucsesfull–>flash zip–>terus cach delvick filled–>reboot system stuk di logo miui donk…ng bias kemana” lg…
    akhirnya ane pindah ROM lain pake L*W*

  2. Bro, thanks MIUI nya sukses do s890 ane. Cuma fitur video call jadi ilang bro. Knapa y?

  3. pusing gw min..ota ng mimin kasi ng bisa soalnya gw kelewat jauh ane pake miui br jadi ane pake yg mimin kasi linknya yg masih v4.3.1…klo bisa n ada link nya lg yg v4.3.20 yang utuh file zipnya soalnya ane nyari kagak nemu” -_-# thx sebelomnya min

  4. hmm gan ane br pnya android dan itu lenovo s890.. apa kl ganti ROMnya gitu data sebelumnya yg kita pnya bisa ilang? trus itu kan MIUI V5 DEV. JB 4.2.2 LIGHT EDITION [4.3.14] JB kita bisa brubah jd versi 4.2.2?

  5. Gan, ane sudah install ROM 4.3.14 zip,dan lancar, tiba-tiba HH update weekly update..karena agak lama ane tinggal tidur, ngk tau nya booploop trus , sudah cabut batere waktu masuk masih bootloop dan jika tekan power + dan – selalu pesan anda sudah di factory mode kalo ngk sudah di meta mode…ada saran gan?

  6. Gan, ane dah instal ROM 4.3.14, lancar, tapi beberapa aplikasi tidak bisa jalan, misalnya twitter, dan beberapa yang laen. Ane coba shut down trus nyalain lagi, malah aplikasi yang sudah diinstal ilang semua, demikian juga pas ane reboot (bukan shut down). Terakhir malah kontak list yang sinkron dengan gmail, ga kedetek. Minta solusi gan. Thanks a lot

    • coba di repartisi ulang gan, kemungkinan besar partisinya ada yg salah. klo merasa partisinya dah benar, coba update twrp ke versi TWRP 2.5

  7. ane bru pake lenovo s890, dapat beli dri kawan, pilihan bahasanya pake china..gmna cara ubah ke inggris/indonesia

  8. Waktu bikin recovery, itu apa aja gan yg dicentang?
    Udh dilakuin gan, wipe cache, dalvik, data, system, n factory reset, pas mau rebootada tulisan no os installed, akhirnya malah stuck di lenovo..
    Trus ane cabut baterai, tunggu bentar, nyalain lg, masih stuck. Cabut baterai lagi, masuk twrp, mau recovery malah g ada filenya, baik d usb storage maupun sd card.

    Solusinya mesti flashing rom baru y gan?
    Mohon link n step2nya gan.

  9. Gan sinaga17.. agan udah izin chef tonny belom share dimari? Kok ga ada ”credit to” nya?

  10. gan… di tempat lain klo abis flash miui… disuruh flash gapps juga… apa rom ini uda ada gapps nya?

  11. gan download di mediafire nya gimana ya padahal ane udah login di mediafire tapi selalu This file is currently set to private, gimana ga

  12. min, ane gak bisa download custom rom nya di mediafire, di set private ya? ada mirror nya di tempat lain ga? 🙂

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.